Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menjadi Inspektur upacara dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017, di Lapangan KORPRI, Bandarlampung, Selasa (02/05/2017), ditandai dengan menyerahkan piagam penghargaan dan piala kepada siswa berprestasi dan pemenang Lomba Sekolah Sehat.

Pada peringatan yang mengusung tema "Percepatan pendidikan yang Merata dan Berkualitas" itu, turut hadir jajaran Fokorpimda beserta ratusan Pelajar di Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan ini Gubernur Lampung menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di tanah air yang telah mengabdi dan berkorban demi kemajuan pendidikan.

"Semoga keberhasilan tersebut, semakin memacu semangat dan usaha keras kita dan masalah yang belum terselesaikan justru semakin melipatgandakan energy, kehendak, dan ikhtiar kita untuk menemukan terobosan-terobosan baru," kata Ridho ketika membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Lebih lanjut Ridho mengatakan, gagasan pemikiran dan prinsip-prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan Nasional telah menjadi dasar acuan visi Presiden RI, Joko Widodo di bidang pendidikan.

Reformasi Pendidikan Nasional

Dalam visi Presiden, masa depan Indonesia adalah sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat, serta menguasai berbagai bidang keterampilan, hidup, vokasi, dan profesi Abad 21.

Karena itu perlu dilakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial. Termasuk reformasi peran dan tugas Kepala Sekolah sebagai manajer sekolah, komite sekolah dan juga pengawas sekolah.

Lebih lanjut Ridho mengajak dalam reformasi pendidikan nasional ini, untuk melakukan dengan kerja keras yang konstruktif, penuh keikhlasan dan pengorbanan, serta pengabdian tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia amat diharapkan.

"Marilah kita bersama-sama menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi kemajuan dan keunggulan pendidikan nasional kita pada satu sisi dan pada sisi lain demi kelangsungan dan kelanggengan bangsa Indonesia di tengah kancah bangsa-bangsa lain," tambahnya.

Penghargaan Prestasi

Pada kesempatan ini Gubernur Lampung juga menyerahkan piagam penghargaan dan piala kepada siswa berprestasi dan pemenang Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah Tahun 2017.

Di antaranya, Juara I Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Tingkat Provinsi Lampung diraih oleh SMKN 3 Metro, Juara I Debat Bahasa Inggris Tingkat Provinsi Lampung diraih oleh SMAN 2 Bandarlampung, Juara I Debat Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi Lampung diraih oleh SMAN I Metro.  

Sedangkan Juara I Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah (LSS UKS) Tahun 2017 Tingkat TK diraih oleh TK Tiara Persada, Tingkat SD diraih oleh SD Alkautsar Bandarlampung, Tingkat SMP diraih oleh MTSN 2 Bandarlampung, Tingkat SMA diraih oleh SMA 1 Sumber Rejo Tanggamus, dan Juara Umum Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi diraih oleh SMK 2 Mei Bandarlampung. (RLs/HMS/ANT/MTh).

Pewarta: Humas-Protokol Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017