Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melantik 149 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Jumlah PPK di Karawang sebenarnya berjumlah 150 orang. Hari ini yang dilantik ada 149 orang. Satu orang lagi tidak hadir karena alasan sakit," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang Mari Fitriana, kepada Antara, di Karawang, Kamis. 

Dikatakannya, bagi satu anggota PPK yang tidak hadir dalam acara pelantikan tersebut akan dilantik di lain hari atau di sesi pelantikan susulan.

Mari menyampaikan ucapan selamat bagi ratusan anggota PPK terpilih, karena telah melewati sejumlah tahapan seleksi, seperti seleksi administrasi, tes tulis dan tes wawancara.

"Bagi seluruh anggota PPK terpilih, semoga bisa menjaga integritas dan menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya dengan baik dan penuh tanggung jawab," kata dia. 

Sementara itu, sebanyak 150 anggota PPK terpilih itu bertugas di 30 kecamatan sekitar Karawang. Masing-masing kecamatan terdapat lima anggota PPK pada Pilkada 2024. 

Perekrutan hingga pelantikan anggota PPK terpilih itu merupakan salah satu tahapan Pilkada yang dilaksanakan di Karawang, yakni tahapan pembentukan badan adhoc. 

Dalam pembentukan badan adhoc ini, selain melakukan perekrutan PPK untuk Pilkada, KPU Karawang juga tengah melakukan perekrutan atau seleksi calon anggota PPS. 

Jumlah anggota PPS yang akan terpilih di Karawang berjumlah 927 orang. Mereka akan bertugas di 309 desa/kelurahan sekitar Karawang, yang masing-masing desa/kelurahan berjumlah tiga orang anggota PPS. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024