Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata menyatakan dukungan untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ketua DPC Asita Kabupaten Bogor Syawqi M Haromaini di Cisarua, Senin, mengungkapkan pelantikan jajaran pengurus Asita Kabupaten Bogor periode 2023-2028 menjadi langkah awal dalam berkontribusi untuk kemajuan pariwisata bersama Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Kita sama-sama dengan insan pariwisata bangkit dan jaya kembali, menjadikan Kabupaten Bogor menjadi destinasi wisata terkemuka di Indonesia dan dunia,” ungkap Syawqi usai dilantik Ketua DPD Asita Jawa Barat Nuning Widya Sutrisno.

Baca juga: Pemkab Bogor maksimalkan potensi pariwisata yang sudah ada pada revisi RTRW
Baca juga: Pemkab Bogor beri penghargaan Taman Safari Piala Panca Karsa Pariwisata

Sementara, Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu di tempat yang sama menyambut baik kontribusi Asita dalam pembangunan pariwisata sekaligus menggerakkan ekonomi daerah.

Ia berharap pariwisata Kabupaten Bogor semakin maju dan berkembang sehingga dapat berkontribusi lebih besar pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dimanfaatkan untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan warga.

Kabupaten Bogor memiliki potensi pariwisata yang begitu besar karena kondisi alam dan letaknya strategis karena merupakan daerah penyangga Jakarta.

"Bogor dikelilingi puluhan juta populasi. Sehingga sangat potensial untuk pengembangan pariwisata baik regional, nasional dan internasional," ujar Asmawa.

Baca juga: Negeri Sembilan Malaysia tertarik dengan model pariwisata Bogor

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Yudi Santosa menyebutkan Pemerintah Kabupaten Bogor tahun ini meningkatkan target jumlah kunjungan wisata menjadi 12 juta wisatawan, dari target tahun sebelumnya yang hanya 10 juta wisatawan.

"(Targetnya) 12 juta. Peningkatannya sekitar 20 persen dari (target) tahun yang lalu," kata Yudi.

Untuk mencapai target tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor kini masif membantu promosi destinasi-destinasi wisata baru, khususnya di Kawasan Wisata Puncak, Cisarua.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024