Seratusan pelajar yang bersekolah di Madrasah Ibtidaiah (MI) Gelarsari, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mendapat program makan siang gratis dengan menu empat sehat lima sempurna.

"Program makan siang gratis ini sudah berjalan selama empat bulan yang merupakan bantuan Indonesia Food Security Review (IFSR). Adapun menunya berupa nasi, sayuran, lauk pauk, buah dan susu kotak," kata Kepala MI Gelarsari Solahunddin Sanusi, di Sukabumi, Senin.

Menurut Sanusi, para pelajar MI Gelarsari yang beralamat di Kampung Gelarsari, Desa Boyongsari ini setiap harinya mendapatkan makan siang gratis yang disiapkan oleh IFSR yang program ini sudah berjalan selama empat bulan.

Baca juga: Ketum Inkowapi nilai program makan siang gratis ide cemerlang Prabowo
Baca juga: Dedi Mulyadi simulasikan program makan siang gratis Prabowo-Gibran kepada pelajar SD

Pihaknya pun mengapresiasi lembaga tersebut yang telah memilih sekolah yang dipimpinnya itu melalui makan siang gratis. Program ini bukan pihak sekolah yang mengusulkan, tetapi IFSR yang datang langsung ke MI Gelarsari untuk melakukan pendataan dan menjalankan programnya itu.

Tentunya dengan adanya program makan siang gratis ini berdampak positif terhadap anak-anak, karena menu yang disajikan memenuhi standar gizi yang dibutuhkan di masa perkembangan anak.

Selain itu, respons anak dan orang tua pun positif, sehingga bisa mengurangi beban biaya orangtua ditambah anak mendapatkan asupan gizi yang bisa dikatakan sempurna serta menambah semangat belajar.

Baca juga: TKN sebut Prabowo-Gibran serius realisasikan program makan siang dan susu gratis

"Setiap harinya pihak IFSR mengirim 170 porsi makan siang, yang biasanya tiba di sekolah sekitar pukul 08.30 WIB. Saat waktu istirahat tiba menu makan siang itu langsung diberikan kepada seluruh anak," katanya pula.

Solahuddin mengatakan dampak positif lainnya, anak-anak tidak perlu lagi membawa bekal atau uang ke sekolah untuk jajan di waktu istirahat dan yang terpenting anak tidak jajan sembarangan.

Pihaknya berharap program makan siang gratis dapat terus berlanjut, karena telah memberikan manfaat baik bagi pihak madrasah, orangtua, khususnya pelajar, karena program ini benar-benar membantu, apalagi tidak semua anak yang bersekolah di MI Gelarsari berasal dari keluarga mampu.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024