Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menyebutkan pergelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat pada 27 April-5 Mei 2024 mempunyai nilai strategis bagi masyarakat serta wilayah Kabupaten Bekasi selaku tuan rumah.

"Dipilihnya Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah tentu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pemerintah daerah," katanya di Cikarang, Sabtu.

Dia menjelaskan nilai strategis pertama adalah menggemakan semangat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al Quran di tengah masyarakat Kabupaten Bekasi untuk saat ini dan seterusnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi suguhkan wisata industri gratis bagi kafilah MTQ Jawa Barat

Perlombaan keagamaan ini juga bisa menampilkan sisi kehidupan religius masyarakat, terlebih selama ini Kabupaten Bekasi lebih dikenal sebagai masyarakat industri, pusat industri nasional. Padahal di balik itu kehidupan masyarakat Kabupaten Bekasi sangat religius, mencintai nilai-nilai Al Quran.

"Sehingga masyarakat dari berbagai kabupaten dan kota di Jawa Barat, bahkan nasional, bisa melihat bagaimana warga Kabupaten Bekasi menjaga keseimbangan antara kehidupan duniawi dan ukhrawi melalui seni baca Al Quran," katanya.

Dirinya juga menyatakan ajang MTQ ke-38 Jawa Barat 2024 ini juga pasti berdampak pada peningkatan perputaran roda perekonomian masyarakat Kabupaten Bekasi.

Baca juga: PMI siagakan ambulans dan tim medis dukung kelancaran MTQ Jawa Barat

"Dengan kedatangan hampir 5.000 peserta dari 26 kabupaten dan kota di Jawa Barat, baik peserta, juri, pembina, dan suporter, maka tingkat hunian hotel akan penuh. Restoran, rumah makan, perusahaan katering, sewa kendaraan dan tempat wisata juga dapat menjual produk dan jasa, termasuk meningkatkan pendapatan daerah," ucapnya.

Tak hanya itu, kehadiran ribuan rombongan atau kafilah MTQ di Kabupaten Bekasi menjadi peluang dan kesempatan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memamerkan sekaligus menjual produk unggulan kepada pengunjung.

"Makanya di lokasi-lokasi MTQ ini kita juga selenggarakan bazar, pameran produk unggulan UMKM Kabupaten Bekasi sehingga ini pun punya nilai ekonomi yang tinggi," katanya.

Baca juga: Kabupaten Bekasi siap jamu kafilah peserta MTQ ke-38 Jawa Barat 2024

Dani juga menyebutkan salah satu keunikan dari rangkaian MTQ ke-38 Jawa Barat 2024 di Kabupaten Bekasi adalah sesi kunjungan wisata industri gratis bagi para kafilah dari kabupaten dan kota lain se-Jawa Barat.

"Karena sekarang kita sedang menggiatkan dan mempromosikan wisata industri, maka ada berbagai pabrik di kawasan industri, baik otomotif, makanan, pakaian, dan elektronik yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi para kafilah," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024