Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar, mengimbau agar pengelola tempat wisata melakukan pengecekan dan pemeliharaan terhadap seluruh fasilitas dan wahana wisata pada musim libur Lebaran tahun ini.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta Dodi Samsul Bahri, di Purwakarta, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat imbauan kepada pengelola tempat wisata dalam menyambut musim libur Lebaran.

"Ada beberapa hal yang dapat kami sampaikan untuk menjadi perhatian para pengelola tempat wisata dan masyarakat. Mulai dari persiapan keamanan dan kenyamanan pengunjung, pelayanan dan tarif hingga promosi dan informasi," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta targetkan kunjungan 150 ribu wisatawan pada musim libur Lebaran 2024
Baca juga: Pemkab Purwakarta siapkan puluhan destinasi wisata untuk musim libur Lebaran 2024

Ia juga menyampaikan agar para pengelola tempat wisata melakukan pengecekan dan pemeliharaan terhadap seluruh fasilitas dan wahana wisata, termasuk memastikan kelayakan dan keamanannya.

"Siapkan juga personel keamanan yang memadai untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung dan menjaga keamanan di area wisata," katanya.

Ia meminta agar dibuatkan alur keluar-masuk pengunjung wisata yang jelas untuk menghindari penumpukan dan kepadatan.

Sediakan pula tempat sampah yang memadai dan pengelolaan sampah dengan baik untuk menjaga kebersihan area wisata serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti TNI, kepolisian, Dinkes dan Damkar untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Baca juga: Pemkab Purwakarta minta pengelola wisata siap menyambut libur Natal dan Tahun Baru

Terkait dengan pelayanan dan tarif, Dodi meminta pihak pengelola tempat wisata dapat memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada seluruh pengunjung.

"Pastikan tarif yang dikenakan kepada pengunjung sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tampilkan informasi tarif dan layanan dengan jelas dan mudah diakses oleh pengunjung," katanya.

Sementara itu, di Purwakarta terdapat 62 titik destinasi wisata, 37 diantaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, religi dan wisata edukasi.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024