Karawang (Antara Megapolitan) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan penderita HIV/AIDS di daerah tersebut didominasi kaum laki-laki yang mencapai 37,66 persen.

"Jika dipersentasekan, lebih banyak laki-laki yang menderita HIV/AIDS. Kalau perempuan hanya 19,34 persen yang menderita HIV/AIDS," kata salah seorang staf Komisi Penanggulangan AIDS setempat Awan Gunawan, di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan, pada Januari-Maret 2017 penderita Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Karawang mencapai 56 kasus. Sedangkan sepanjang tahun 2016 KPA Karawang mencatat 105 kasus.

"Jumlah pengidap HIV/AIDS di Karawang, jika ditotalkan sejak dahulu hingga sekarang sudah mencapai 727 kasus," katanya.

Sesuai dengan catatannya, kasus HIV/AIDS terbanyak pada tahun ini terjadi di Kecamatan Telukjambe Timur yang mencapai delapan kasus.

Kemudian di Kecamatan Karawang Barat, Karawang Timur, dan Kecamatan Rengasdengklok yang masing-masing sebanyak lima kasus.

Dilihat dari kategori usia, penderita HIV/AIDS di Karawang paling banyak berusia 20 sampai 29 tahun.

Menurut dia, saat ini ada "trend" baru untuk kasus HIV/AIDS. Dilihat dari pekerjaannya, banyak penderita HIV/AIDS merupakan ibu rumah tangga. Sedangkan pada 2016 pekerjaan yang rentan terkena penyakit menular itu adalah karyawan.

"Secara umum, kasus penularan yang paling tinggi ialah faktor homoseks," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017