Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) RI Ahmad Zabadi meminta kepada Pemerintah Kota Sukabumi untuk menggali potensi pariwisata Kota Sukabumi, Jawa Barat dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Kota Sukabumi sebenarnya memiliki banyak potensi objek wisata alam yang bisa dikembangkan, meskipun tidak sebanyak Kabupaten Sukabumi. Tapi jika potensi ini dimanfaatkan semaksimal mungkin bisa menjadi sumber penghasilan baru bagi Kota Sukabumi," katanya saat menghadiri HUT ke-110 Kota Sukabumi, Minggu.

Menurut Zabadi, pada usianya yang ke-110 Kota Sukabumi bisa bertambah maju karena memberdayakan potensi yang dimilikinya yaitu pariwisata alam. Beberapa objek alam yang dapat digali potensinya seperti Sungai Cimandiri untuk wisata arung jeram dan beberapa lainnya.

Baca juga: Satpolairud tingkatkan pengawasan wisatawan di objek wisata pantai selatan Sukabumi
Baca juga: Bupati: Fun Trail Run 2024 Goalpara Tea Park bantu promosikan dunia pariwisata Sukabumi

Pihaknya bersedia menggulirkan program unggulan seperti pembentukan koperasi modern untuk mewujudkan hal tersebut dan membantu Pemkot Sukabumi menurunkan angka pengangguran terbuka yang masih cukup tinggi.

Selain itu, dengan menggali potensi pariwisata tersebut juga bisa menyokong keberadaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Sukabumi, karena semakin banyak wisatawan yang datang ke Kota Sukabumi maka pendapatan pelaku UMKM ikut bertambah.

"Kota Sukabumi saat menjadi salah satu daerah tujuan wisata kuliner di Jabar, jika potensi wisata alam digali dan dimanfaatkan secara optimal maka daerah ini bisa menjadi tujuan wisata," tambahnya.

Baca juga: Pj Wali Kota: Manfaatkan potensi alam untuk kembangkan wisata di Sukabumi

Sementara, Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan sejak dirinya dilantik menjadi Penjabat Wali Kota Sukabumi langsung mendata dan melihat berbagai potensi yang bisa dimanfaatkan, ternyata ada satu potensi wisata yang dimiliki Kota Sukabumi yakni aliran Sungai Cimandiri.

Bahkan dirinya pun turun langsung menjajal aliran Sungai Cimandiri yang ternyata layak digunakan untuk olah raga arung jeram. Tentunya potensi ini harus dikembangkan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024