Mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Spread Love, berhasil membawa pulang gelar juara kedua Festival Ajisaka UGM 2024 untuk kategori Prahasta (PR Campaign).

Mereka membawakan kampanye berjudul "Sagar Sena, Generasi Muda untuk Laut", Sagar yang berarti laut dan Sena merujuk generasi muda dalam bahasa Sansekerta.

"Dengan mengadaptasi berbagai strategi seperti creative advertising melalui YouTube, bioskop, serta Jakarta Aquarium, TikTok Challenge berupa membenahi lingkungan, serta permainan menggunakan filter Augmented Reality (AR) di aplikasi TikTok, diharapkan pesan yang ingin kami sampaikan dapat diterima secara positif oleh target kampanye kami," ujar salah satu mahasiswa dalam tim itu, Futihat Nurul Karimah, di Depok, Jawa Barat, Sabtu.

Baca juga: Tiga mahasiswa FIA UI juara 1 Digital Accounting Competition 2024

Ketiga mahasiswa UI dalam tim itu, yakni Futihat Nurul Karimah, Hurin Nazhifa Mumtaz, dan Quinta Ayu Maharani.

Program ini untuk menyuarakan peran aktif generasi muda dalam menjaga kelestarian laut dan menciptakan gelombang positif untuk masa depan ekosistem laut.

Ia menjelaskan tim ingin memberikan pesan berupa penekanan bahwa Gen Z dan Milenial dapat menjadi agen perubahan, khususnya tentang kelestarian laut, pengelolaan sampah darat untuk mencegah kerusakan laut, serta aksi sederhana yang memberikan dampak besar pada masa depan, terutama di wilayah Pesisir Marunda Kepu, DKI Jakarta.

Baca juga: Mahasiswa UI raih juara kedua kompetisi GameJam Plus Indonesia 2023

Strategi lainnya yang dilakukan Tim Spread Love, berupa pembentukan Akademi Sampah Waste Ranger, yaitu masyarakat di Pesisir Marunda akan dibentuk menjadi bagian dari komunitas waste ranger dan diberikan edukasi serta pelatihan oleh Waste4Change.

Program lainnya, yakni Clean Up Marunda, berupa pembenahan pengelolaan sampah oleh sukarelawan bersama salah satu pemengaruh TikTok, Pandawara.

Futihat mengatakan keikutsertaan dalam kompetisi tersebut berdasarkan sikap penasaran untuk mengasah potensi dan mengaplikasikan ilmu kehumasan yang selama ini dipelajari di kelas.

Menurut dia, berbagai mata kuliah yang dipelajari di kelas membantu pembuatan kampanye ini.

Baca juga: Tiga mahasiswa UI raih juara tiga lomba fisioterapi nasional

Misalnya, katanya, mata kuliah Evaluasi Kehumasan untuk mengevaluasi program secara efektif, mata kuliah Pemasaran Sosial serta Kehumasan Cyber meningkatkan penggunaan teknologi seiring dengan perkembangan zaman dengan pemanfaatan kehumasan digital.

Festival Ajisaka UGM 2024 merupakan kompetisi tahunan diselenggarakan Departemen Ilmu Komunikasi UGM. Kompetisi tingkat nasional tersebut diikuti lebih dari 50 kelompok peserta dari berbagai universitas di Indonesia.

Beberapa kategori perlombaan yang diadakan, antara lain Sadewa (Skip Ads), Prahasta (PR Campaign), Kresna (film dokumenter), Nakula (riset populer), Arjuna (Podcast), dan Dewi Sinta (Business Model Canvas).

Kompetisi yang diselenggarakan sejak Januari hingga Maret 2024 tersebut ditutup dengan acara Awarding Night di Gedung Pameran Taman Budaya Yogyakarta.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024