Sebanyak tiga organisasi kemasyarakatan atau ormas di bawah naungan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menerima Naskah Perjanjian Hibah Daerah atau NPHD yang telah ditandatangani perangkat daerah terkait.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan penandatanganan naskah perjanjian hibah ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam mendukung sekaligus memperkuat peran serta organisasi kemasyarakatan.

"Ada tiga penerima NPHD 2024, yakni PD Muhammadiyah, DPC Petanesia, dan Dakwah Islamiyah (DII). Setelah dilihat, ketiganya memang belum pernah dapat. Ini giliran sekarang, tiga itu," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Pemkab Bekasi kumpulkan 462 ormas jaga kondusif jelang pemilu

Dia mengatakan ketiga ormas di bawah naungan Kesbangpol Kabupaten Bekasi ini merupakan forum yang bersifat atributif dalam menjalankan fungsi dukungannya terhadap pemerintah daerah.

Forum lain yang juga di bawah naungan Kesbangpol seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), sebelumnya sudah memperoleh NPHD.

"Forum ini bisa diberikan fasilitas juga aspek penganggaran. Karena sebenarnya keberadaannya serta fungsi dan tujuannya selaras dengan pembangunan pemerintah daerah. Karena bagaimana pun, membangun daerah tidak bisa dilakukan sendirian oleh jajaran pemerintah daerah," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi kumpulkan LSM dan Ormas dialog ciptakan pemilu damai

Dani mengaku forum atau organisasi tersebut telah mencerdaskan dan terus berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahkan, upaya berdakwah mereka sudah mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan hal itu sudah dilaksanakan sejak jaman dahulu.

"Yang di mana itu merupakan tugas dari pemerintah. Maka sangat wajar, pemerintah memberikan dukungan, baik regulasi, sarana dan prasarana, maupun penganggaran," katanya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Bekasi Mahmud mengapresiasi Pemkab Bekasi yang telah memberikan perhatian kepada organisasi masyarakat. Dirinya mengimbau organisasi lain agar memanfaatkan dana tersebut dengan tepat sasaran karena dinilai dapat berkontribusi menyelesaikan persoalan di Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Bupati minta Aliansi Ormas Bekasi berkontribusi bangun daerah

"Pemkab Bekasi luar biasa memberikan perhatian kepada forum sesuai dengan kapasitasnya untuk ikut berpartisipasi menciptakan Kabupaten Bekasi kondusif dalam berbagai hal. Wujud syukurnya, dana tersebut harus dimanfaatkan tepat sasaran," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024