PT Pupuk Kujang menyiapkan lima bus besar untuk kegiatan mudik gratis Lebaran tahun 2024, untuk membantu masyarakat pulang kampung dengan aman dan nyaman.

"Sesuai arahan Kementerian BUMN, Pupuk Kujang kembali menyediakan program mudik gratis untuk masyarakat. Tahun ini, kami menyiapkan 200 kursi,” kata Agung Gustiawan, VP Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Pupuk Kujang, di Karawang, Kamis.

Ia menyampaikan, selain membantu masyarakat untuk bisa mudik dengan aman dan nyaman, program yang diinisiasi Kementerian BUMN ini juga diharapkan bisa membantu mengurangi kemacetan.

Hal tersebut disampaikan karena Kementerian Perhubungan telah menghitung bahwa program mudik gratis dari sejumlah instansi bisa mengurangi beban jalan 3-4 persen pada musim mudik Lebaran.

“Program mudik ini merupakan upaya perusahaan untuk berkontribusi dalam mengurangi beban jalan pada musim mudik, karena berdasarkan data Kemenhub, pemudik tahun ini diprediksi mengalami peningkatan drastis dari lebaran sebelumnya,” ungkap Agung.

Disebutkan bahwa dalam program mudik gratis tahun ini, Pupuk Kujang akan menyediakan lima bus besar, disiapkan untuk rute ke arah timur hingga selatan Jawa Barat atau wilayah Priangan Timur.

Selain itu, disiapkan pula rute ke wilayah Pantura, dan Pansela Jawa Barat.

Di antara rute yang tersedia dalam program mudik gratis Pupuk Kujang itu ialah Cikampek-Subang-Indramayu-Cirebon-Kuningan. Kemudian rute Cikampek-Padalarang-Cianjur-Sukabumi-Pelabuhan Ratu.

Lalu rute Cikampek-Bandung-Cileunyi-Pamulihan-Sumedang-Majalengka. Selanjutnya rute Cikampek-Cileunyi-Nagreg-Limbangan-Malangbong-Ciawi-Rajapolah-Ciamis-Banjar-Pangandaran.

Rute lainnya Cikampek-Cileunyi-Nagreg-Kadungora-Leles-Tarogong-Garut Kota-Cilawu-Singaparna-Tasikmalaya Kota serta rute Cikampek-Bandung (Moh.Toha)-Cileunyi-Pamulihan-Sumedang-Majalengka.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis Pupuk Kujang ialah melalui https://mudik.pupuk-kujang.co.id/.

Dalam link itu, pendaftar memasukkan identitas diri beserta NIK. Kemudian untuk pendaftaran akan ditutup pada 31 Maret 2024. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024