Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meminta lembaga pendidikan di daerah itu menggelar program pesantren kilat yang diisi dengan materi-materi keagamaan termasuk pelaksanaan ibadah di Bulan Suci Ramadhan.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan kegiatan pesantren kilat pada Bulan Ramadhan bagi kalangan pelajar penting dilakukan sebagai suatu upaya meningkatkan kualitas keagamaan peserta didik sejak dini di lingkungan sekolah.

"Kepada segenap aparatur pemerintah, penanggung jawab lembaga pendidikan, saya harap dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas dan disiplin. Selain itu melaksanakan program dengan mengarahkan pentingnya penyajian materi agama dan amaliyah puasa atau Ramadhan, melalui pesantren kilat," katanya di Cikarang, Senin.

Baca juga: Pemkot Bogor imbau orang tua jaga asupan gizi anak untuk cegah stunting

Dia mengimbau lembaga pendidikan untuk menyelenggarakan program pesantren kilat dengan waktu menyesuaikan kondisi masing-masing satuan pendidikan maksimal hingga akhir Bulan Ramadhan.

Dirinya berharap kegiatan pesantren kilat mampu memberikan tambahan wawasan kepada anak didik menyangkut amalan-amalan dan ibadah di bulan suci sehingga dapat mempraktikkan dengan baik, terlebih saat ini sudah memasuki malam pekan kedua Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Kegiatan pesantren kilat ini sejalan dengan Seruan Bupati Bekasi menyangkut kewajiban menjalankan ibadah puasa dan amalan lain guna meningkatkan kualitas iman dan taqwa.

Baca juga: Indocement terus berupaya optimalkan pemakaian energi non-batubara

Kemudian memperbanyak aktivitas amaliyah kemasyarakatan dan kegiatan dakwah islamiyah dalam rangka mewujudkan suasana kerukunan umat beragama, mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan, selaras dengan ajaran agama Islam.

"Anak didik diajarkan bagaimana meningkatkan amalan ibadah melalui kajian ilmu agama, shalat sunah tarawih, tadarus Al Quran, beramal dengan infak dan sedekah, serta ibadah lain termasuk memberikan pemahaman menyangkut pelaksanaan zakat fitrah," katanya.

Baca juga: Aisyiyah dan IMM Malaysia selenggarakan pesantren kilat di kampus IIUM

Dani juga berharap peserta pesantren kilat dapat mengambil hikmah ibadah puasa serta kebajikan-kebajikan lain yang diajarkan selama kegiatan dan mampu menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Implementasi ini penting guna menyukseskan pembangunan untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera, bahagia lahir dan batin, sebagai perwujudan nilai-nilai luhur Pancasila," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024