Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi Jawa Barat membuka layanan inovasi 'Sabtu Minggu Siap Melayani' yang disingkat Sami-Sami untuk menjangkau masyarakat kategori pekerja.

"Program Sami-Sami ini berupa pelayanan administrasi kependudukan serta catatan sipil bagi masyarakat pekerja," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi Carwinda di Cikarang, Rabu.

Dia menjelaskan, program pelayanan Sami-Sami ini dibuka melalui skema jemput bola, yakni berkeliling ke berbagai titik kumpul masyarakat pada akhir pekan dengan tujuan melayani warga yang kesulitan mengambil cuti kerja.

"Kenapa kami mengeluarkan program ini, karena sebagian besar masyarakat Kabupaten Bekasi merupakan pekerja. Saya dengar untuk mereka ambil cuti agak sulit," katanya.

Baca juga: Disdukcapil Bekasi buka layanan Pasar Central Lippo Cikarang
Baca juga: Disdukcapil Bekasi buka layanan administrasi kependudukan di pusat perbelanjaan

Dia berharap pelaksanaan program ini mampu menambah jumlah masyarakat yang tercatat secara resmi pada dokumen kependudukan pemerintah, sehingga lebih mudah mengakses segala fasilitas serta kebijakan negara.

Disdukcapil Kabupaten Bekasi juga telah menyiapkan program Sisir Desa Pilihan atau Sidepi untuk menjangkau pemohon dokumen administrasi kependudukan yang bertempat tinggal jauh dari kantor pusat pemerintahan daerah.

"Jadi ada juga Sisir Desa Pilihan. Kami sadar, dari tempat tinggal penduduk mungkin ke kecamatan ada yang jauh. Oleh karena itu kami minta ke camat untuk menyisir desa yang kira-kira tadi kendalanya terlalu jauh," katanya.

Baca juga: Disdukcapil Bekasi datangi kampus layani pemohon identitas digital

Carwinda juga berharap melalui pelayanan ini masyarakat bisa mendapatkan akses kemudahan dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan, yakni pemangkasan jarak yang selama ini dikeluhkan sebagian pemohon.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024