Civitas akademika Hindu Universitas Pancasila menggelar Pawai Ogoh-ogoh sebagai rangkaian perayaan Nyepi 1946 Caka yang digelar pada malam sebelum Nyepi.

Ketua Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Pancasila (KMHD UP) Kadek Fembi Andrika dalam keterangannya, Senin mengatakan sebagai penggagas dan penggerak kegiatan pawai mengangkat Sanghyang Durinan sebagai karakter Ogoh-ogoh yang mereka siapkan secara gotong royong kurang lebih selama 3 minggu.

Ogoh-ogoh diarak mengitari kampus bermakna untuk mengusir segala hal negatif yang ada di dalam diri maupun lingkungan sekitar dengan harapan dapat menjalankan brata penyepian keesokan harinya saat Hari Raya Nyepi dengan lancar, hati bersih dan khidmat.

Sebelum pawai Ogoh-ogoh, civitas Hindu Universitas Pancasila terlebih dahulu melaksanakan upacara Tawur Kesanga dan Mecaru di Pura Widya Santika Universitas Pancasila sebagai pengingat untuk selalu menjaga harmoni dan keselarasan hubungan antara manusia, alam sekitar dan Yang Maha Kuasa.

Untuk mendukung pawai, KMHD UP menjalin kolaborasi dengan berbagai civitas mahasiswa lainnya seperti KMHD Gunadarma, KMHD UI, KPSHD Lenteng Agung, STT Depok, Sakka UP, Menwa UP dll. Universitas Pancasila sendiri merupakan pelopor kampus yang memiliki lengkap enam rumah ibadah --termasuk Pura Widya Santika.

Pawai Ogoh-ogoh tersebut tidak saja menjadi implementasi nyata dari nilai-nilai luhur Pancasila, namun juga menguatkan moderasi beragama dan dialog lintas iman.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024