Pemerintah Kabupaten Subang, Jawa Barat, menyiapkan anggaran sekitar Rp80,6 miliar untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur jalan di wilayah itu.

"Pelebaran jalan menjadi prioritas pembangunan infrastruktur jalan pada tahun ini," kata Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Subang Agung Airlangga dihubungi di Subang, Selasa.

Setiap tahun, pihaknya melakukan perencanaan dan inspeksi kondisi jalan di wilayah itu.

Baca juga: Proyek jalan Serangpanjang-Cipeundeuy buka akses dua kecamatan di Subang
Baca juga: Kades di Subang viral setelah melawan pria menolak pembangunan jalan

Berdasarkan langkah tersebut, katanya, selanjutnya dilakukan pemetaan pembangunan, perbaikan, dan rekonstruksi jalan berdasarkan prioritas.

Dia mengatakan pada 2023 infrastruktur jalan telah dibangun sepanjang 37 kilometer. Kebanyakan jalan yang dibangun pada tahun itu tersebar di sejumlah kecamatan sekitar Subang.

Ia mengatakan kondisi jalan di Subang yang telah dilakukan pembangunan dan perbaikan dengan kondisi mantap sepanjang 880 kilometer atau sekitar 82 persen.

Pada tahun ini telah dialokasikan anggaran sekitar Rp80,6 miliar untuk melakukan pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 1.152 kilometer yang tersebar di sejumlah kecamatan sekitar Subang.

Baca juga: Pemkab Subang ajak pengusaha kolaborasi bangun jalan

Dia mengatakan setiap tahun Pemerintah Kabupaten Subang tidak berhenti mengalokasikan anggaran untuk infrastruktur jalan sebab pembangunan jalan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Hal tersebut dilakukan agar pembangunan infrastruktur jalan di Subang semakin baik sehingga masyarakat bisa memanfaatkan jalan yang bagus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Jadi meski terkendala anggaran, kami dari Pemkab Subang akan terus berusaha agar kondisi infrastruktur jalan benar-benar mulus dan mantap," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024