Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi telah melakukan antisipasi terhadap kemungkinan keterlambatan penghitungan suara Pemilu 2024 dengan selalu berkoordinasi bersama KPU Provinsi Jawa Barat.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido menyatakan telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat guna meminta kelonggaran waktu apabila masih ada panitia pemilihan kecamatan yang belum menyelesaikan rapat pleno hingga batas akhir penghitungan suara tingkat kecamatan.

"Sesuai dengan tahapan apabila masih ada kecamatan yang belum menyelesaikan rapat pleno, kita akan berkoordinasi kepada KPU Provinsi Jawa Barat untuk meminta diberi keleluasaan atau kelonggaran waktu," katanya di Cikarang, Senin.

Baca juga: KPU Bekasi lakukan antisipasi keterlambatan penghitungan suara Pemilu 2024

Dia mengatakan KPU Kabupaten Bekasi sudah memulai tahapan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum 2024 di Hotel Harper Cikarang sejak Jumat (1/3/2024).

Berdasarkan ketentuan peraturan KPU, target tahapan yang dimaksud maksimal selesai hingga Selasa (5/3) dengan tidak mengharuskan menunggu semua hasil penghitungan di tingkat kecamatan usai.

"Memang kita sudah mulai melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten tapi masih ada beberapa kecamatan juga yang belum selesai," katanya.

Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu pakai Sirekap

Dari total 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi, empat kecamatan di antaranya yakni Kecamatan Cibitung, Cikarang Barat, Tambun Selatan, dan Kecamatan Cibarusah masih berproses.

Ali menyebut sesuai dengan edaran KPU RI dan Peraturan KPU yang ada, petunjuk teknis tahapan kegiatan pleno tingkat kabupaten dimulai pada 16 Februari sampai 5 Maret.

"Artinya, kalau kita mulai di 1 Maret sudah bagian tahapan yang memang harus bisa diselesaikan sejak saat ini," ucapnya.

Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi susun rencana pendistribusian kertas surat suara

Ali Rido mengimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawal proses rekapitulasi tersebut agar bisa berjalan dengan baik, serta menjaga kualitas hasil pemilu di Kabupaten Bekasi agar lebih baik lagi dari sebelumnya.

"Semoga rapat pleno tingkat kabupaten ini berjalan lancar dan selesai sesuai target," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024