Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, Jawa Barat, menggelar Festival Durian 2024 sebagai ajang promosi pariwisata sekaligus mengenalkan produk durian lokal khas daerah itu kepada turis yang datang.
 
Penjabat Bupati Kuningan Iip Hidajat di Kuningan, Sabtu, mengatakan dalam festival itu tersedia sebanyak 6.000 buah durian yang berasal dari petani dan para pengepul setempat untuk dijual di kegiatan tersebut.
 
“Durian kami ini dari seluruh pelosok Kabupaten Kuningan yang disiapkan sejak dua bulan lalu,” katanya.
 
Ia menyampaikan kegiatan itu dilaksanakan di Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, yang diikuti lebih dari 100 orang peserta dari berbagai daerah.
 
Baca juga: Pemkab Lombok Tengah NTT gelar festival durian
 
Menurut dia, ajang kali ini menjadi sarana bagi petani lokal untuk mengenalkan keunikan dan cita rasa buah durian yang ditanam di Kabupaten Kuningan.
 
Terlebih, kata dia, cakupan acara tersebut sudah berskala nasional sehingga wisatawan yang datang diprediksi semakin banyak.
 
“Sampai Jumat (23/2) sore, sudah tercatat ada 600 peserta yang daftar secara daring. Tapi kami pastikan juga ada sejumlah orang yang menyampaikan konfirmasi hadir secara langsung,” ujarnya.
 
Iip menyebut bahwa ajang ini pun bisa mewadahi para penggemar durian untuk mengeksplorasi durian, dari produksi petani lokal yang memiliki kualitas terbaik.
 
Baca juga: Wabup: Festival Durian Lokal unggulan Sukabumi bisa menarik kunjungan wisatawan
 
Di samping itu, lanjut dia, Pemkab Kuningan pun menjamin  penyelenggaraan Festival Durian ini tidak akan mengecewakan pengunjung yang datang karena semuanya telah disiapkan secara matang.
 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024