Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan (DLH Kalsel) menggelar membersihkan Sungai Martapura untuk memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 yang diperingati setiap 21 Februari.

"Ada 20 titik desa atau kelurahan yang tersebar di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin  menjadi lokasi lomba untuk pembersihan sungai Martapura," kata Kepala DLH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana di Banjarbaru, Jumat.

Adapun kriteria penilaian di antaranya jumlah partisipan, jumlah entitas terlibat, berat sampah dan kondisi sampah terpilah.

Baca juga: Pemprov Jabar anggarkan 0,4 persen APBD 2024 senilai Rp36,79 triliun untuk penanganan sampah
Baca juga: Indonesia serius kelola sampah

Bagi pemenang lomba "Babarasih Sungai" itu mendapatkan hadiah gerobak sampah atau paket kebersihan hingga kendaraan roda tiga dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Hanifah berharap masyarakat dapat terus mencintai sungai yang menjadi urat nadi kehidupan warga di Kalimantan Selatan.

Maka dari itu, aksi bersih-bersih sungai rutin dilakukan pihaknya dengan menggandeng berbagai komunitas dan pegiat lingkungan serta unsur masyarakat.

Baca juga: Peringati HPSN, 3.000 orang peserta ikut Gebyar Pilah Sampah di Sumbawa

Sampah yang terkumpul kemudian dipilah dan dicacah antara organik dan anorganik untuk dikelola lebih lanjut oleh Bank Sampah.

"Kami punya program Sungai Martapura Asri yang bertujuan menjadikan Sungai Martapura tetap Aman, bersih, ramah dan indah (Asri) melalui konsep kolaborasi dan sinergitas lintas sektoral, lintas wilayah dan lintas entitas," jelasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024