Partai NasDem dinilai berpeluang mendapatkan satu kursi dari sembilan jatah kursi DPR RI di Dapil V Jawa Barat (Kabupaten Bogor) berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat Lembaga Visi Nusantara (Vinus).

LS Vinus pada Kamis, melansir bahwa Asep Wahyuwijaya hampir dipastikan mendapatkan kursi ke-6 dari 9 kursi yang tersedia. Meski begitu, lelaki yang akrab disapa Kang AW ini tetap akan menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tentunya saya sangat bersyukur kepada Allah yang telah memberikan kesempatan kepada Partai NasDem untuk menerima kepercayaan dan amanah dari masyarakat di Kabupaten Bogor. Mudah-mudahan amanah yang diberikan ini dapat dipertanggungjawabkan," kata Kang.

Hasil quickcount yang dirilis LS Vinus, melengkapi hasil quickcount dari 3 lembaga survey ternama lainnya (Lembaga Survey Indonesia (LSI), SMRC dan Puspoll Indonesia yang juga melakukan quickcount di Dapil Jabar V, serta mengonfirmasikan hasilnya ke Kang AW.

"Merujuk pada hasil dari quickcount dari seluruh lembaga tersebut, semakin menegaskan validitas dan keabsahan bagi Partai NasDem yang dalam Pileg 2024 ini berhasil mencetak sejarah baru dengan menempatkan wakilnya di DPR RI dengan menggeser salah satu wakil dari petahana," tegas Kang AW.

Menurutnya, kenaikan suara yang amat signifikan oleh Partai NasDem di Kabupaten Bogor ini setidaknya ditentukan oleh dua hal.

Pertama kepiawaian Surya Paloh sebagai Ketum Partai dalam mengambil kebijakan politik Partai NasDem yang jelas dan tegas dengan mengusung Anies Baswedan jauh-jauh hari sebagai calon presiden.

"Pilihan cerdas dan tegas di awal ini menjadikan Partai NasDem sebagai salah satu bandul politik utama dalam konstelasi politik pilpres yang direspon positif oleh warga," kata dia.

Kemudian, kecerdikan jajaran Bappilu DPP dan DPW Partai NasDem dalam memasang formasi calegnya. Menempatkan Kang AW yang dianggap telah memiliki modal politik dan jejaring relawan serta kekerabatan yang kuat.

Lalu menyimpan Jora Nilam Judge yang memiliki kekuatan modal operasional yang dahsyat serta memposisikan Ramzi yang memiliki modal nama besar yang mewakili kalangan selebriti terbukti menjadi pengungkit utama yang bekerja bahu membahu dengan caleg lainnya untuk mendongkrak suara Partai NasDem di Kabupaten Bogor.

"Tapi apapun itu, kita sama-sama mengawal ini semua sampai resmi diumumkan KPU. Ini semua juga berkat doa dan dukungan warga Kabupaten Bogor," kata Kang AW.

Sebagai informasi, quick count itu dilakukan di 14.000 TPS se-Kabupaten Bogor dengan margin of error 3 persen. Berikut hasil lengkap Quick Count Vinus untuk DPR RI Dapil V Jawa Barat Kabupaten Bogor: 

Gerindra : Kursi 1,5 : 518.270 suara 
Golkar : kursi 2,9 : 410.180 suara 
PDI-P : kursi 3 : 236.873 suara 
PAN : kursi 4 : 210.137 suara 
Nasdem : kursi 6 : 169.899 suara 
PKS : kursi 7  : 290.155 suara 
PKB : kursi 8 : 196.473 suara
PPP : kursi 9 : 130.966 suara


 

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024