Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggunakan dana tanggung jawab sosial atau CSR dari Bank Jabar Banten (BJB) untuk mendukung akselerasi pembangunan daerah.

Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Cibinong, Bogor, Jumat, menyebutkan bahwa penyaluran dana CSR itu telah disepakati antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan BJB Cabang Cibinong melalui penandatanganan nota kesepahaman.

“Ini adalah satu momentum yang sangat strategis dan bersejarah bagi Pemerintah Kabupaten Bogor karena BJB khususnya cabang Cibinong ini juga memberi perhatian khusus dalam rangka percepatan atau akselerasi pembangunan di Kabupaten Bogor," kata Asmawa.

Baca juga: Pemkab Bogor peringkat dua terbaik kelola CSR di Jawa Barat

Meski nominal dana CSR yang akan digelontorkan belum diketahui, tapi menurut dia, besarannya mampu membiayai untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) di sejumlah kecamatan, seperti Cileungsi, Gunungputri, dan Ciawi.

Kemudian, dana CSR dari BJB juga akan digunakan untuk penyediaan kantung parkir angkutan khusus tambang di Desa Gorowong, Kecamatan Parungpanjang.

"Kemudian pembangunan kolam retensi Hutan Kota Tegar Beriman dan revitalisasi lapangan parkir Panca Bakti di Desa Tanjungsari Kecamatan Tanjungsari," ungkapnya.

Baca juga: Baru 30 persen perusahaan di Bogor lapor salurkan CSR

Asmawa menerangkan, kolaborasi Pemerintah Kabupaten Bogor dengan BJB ini merupakan wujud kolaborasi dalam upaya percepatan pembangunan tepat sasaran. Karena, sejumlah sarana yang dibangun sangat dibutuhkan masyarakat.

"Saya harap kerja sama hari ini yang akan ditandatangani merupakan kelanjutan dari ikhtiar kita bersama untuk bersama-sama membangun kabupaten atau Bumi Tegar Beriman ini,” kata Asmawa yang juga Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri RI.

Sementara, Pimpinan Bank BJB Kantor Wilayah 2 Agung Subagja memaparkan, CSR BJB untuk pembangunan Kabupaten Bogor meliputi lima sektor kegiatan, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Baca juga: Program Jabar Caang targetkan 10.500 sambungan listrik baru di Kabupaten Bogor

"Tentunya kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik serta memberikan kontribusi nyata dalam agenda pembangunan daerah khususnya di wilayah Kabupaten Bogor,” ujar Agung.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024