Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur memandang bahwa tren positif pasar saham domestik yang ditunjukkan dalam Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pascahitung cepat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 seringkali menjadi cerminan bagi pasar kripto.

Menurut Fyqieh, pasar kripto memang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor politik regulasi dari tingkat global hingga domestik, serta sentimen kuat makroekonomi. Namun, kata dia lagi, momen Pemilu 2024 tidak menjadi pusat perhatian dalam dinamika pasar kripto global.

"Setelah pelaksanaan pemilu, fokus para pelaku pasar domestik beralih ke isu regulasi pascapemilu yang merupakan faktor krusial dalam mempengaruhi minat investor," kata Fyqieh dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pascahitung cepat pemilu, Fyqieh mengatakan bahwa para pelaku pasar umumnya mengambil sikap yang hati-hati. Mereka pun menantikan kepastian terkait regulasi sebelum menetapkan keputusan investasi.

Apabila terdapat regulasi yang mendukung sektor kripto, seperti insentif pajak dan penetapan daftar kripto yang diakui secara legal, Fyqieh memandang bahwa hal itu dapat menjadi katalisator bagi perkembangan transaksi kripto di dalam negeri.

Sementara itu dalam lanskap global, kenaikan harga Bitcoin (BTC) telah meningkatkan kepercayaan investor dan siklus bullish baru diprediksi akan dimulai. Masuknya modal besar ke dalam Bitcoin, terutama melalui ETF BTC spot di Amerika Serikat (AS), menegaskan minat institusional yang meningkat yang merupakan pendorong mendasar dari dinamika harga saat ini.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024