Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar Festival Shorinji Kempo Kids dengan menargetkan 175 atlet kempo usia 6-12 tahun dari berbagai wilayah di Tanah Air.

Ketua Perkemi Kabupaten Bekasi Ika Puspadewi mengatakan kejuaraan terbuka bagi atlet kempo usia dini ini dijadwalkan pada 2-3 Maret 2024 di Pollux Mall Cikarang, Kabupaten Bekasi.

"Open Festival Shorinji Kempo Kids 2024 ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan, memasalkan, serta mengembangkan, cabang olahraga Shorinji Kempo kepada masyarakat," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Indonesia pastikan juara kedua kempo dunia dengan sabet 4 emas

Dia mengatakan kejuaraan ini sengaja gelar di mall sebagai upaya memasyarakatkan cabang olahraga tersebut agar lebih dikenal luas oleh publik, termasuk pengunjung mall.

"Para orang tua atlet yang kebanyakan ibu-ibu mengantar dan mendampingi putra-putri mereka bertanding juga akan tidak merasa jenuh karena berkesempatan untuk berbelanja di mall tersebut," katanya.

Ketua Panitia Open Festival Shorinji Kempo Kids 2024 Hendy Palgunadi mengatakan pendaftaran kejuaraan ini sudah dibuka sejak Januari 2024 dan hingga kini sudah ada 20 atlet kempo atau dojo yang mendaftar.

Baca juga: Pelatih pantau latihan atlet kempo lewat video

Dari 20 dojo peserta, 15 dojo diantaranya berasal dari luar Kabupaten Bekasi yaitu dari Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatra Selatan, dan Kalimantan Timur.

"Dojo-dojo dari luar Jawa Barat sangat antusias mengirimkan Tim Kempo Kids ke festival ini karena mereka ingin menimba pengalaman dan belajar dari Perkemi Kabupaten Bekasi yang telah berpengalaman dan menjadi pelopor Festival Shorinji Kempo Kids," katanya.

Pengurus Besar (PB) Perkemi, kata dia, berharap kejuaraan tersebut menjadi tolak ukur untuk dilaksanakan di provinsi-provinsi lain.

Baca juga: Atlet kempo Lampung meraih medali emas Porwil

"Kejuaraan di Kabupaten Bekasi nanti menjadi benchmark bagi daerah lain. Kami juga mendorong agar Festival Shorinji Kempo Kids dimasukkan sebagai salah satu kalender kegiatan dari Pengurus Perkemi Provinsi," kata Komisi Pemasalan dan Pengembangan Usia Dini pada PB Perkemi D Pranadi.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024