Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengingatkan pengusaha makanan untuk memperhatikan pangan yang sehat dan sertifikat halal pada produk yang dipasarkan, karena makanan yang aman dan sehat dapat meningkatkan status kesehatan masyarakat.

"Kota Depok dikenal sebagai kota pangan yang sehat. Sehingga terus berusaha memberikan rasa nyaman bagi penduduknya dalam mengonsumsi makanan yang aman dan sehat," kata Imam Budi Hartono di Depok, Senin

Ia mengatakan dengan pangan yang sehat dan halal maka konsumen tidak merasa khawatir sehingga diharapkan bisa meningkatkan omzet penjualan.

Baca juga: Dinas Kesehatan Kota Depok awasi produk pangan di pasar

"Penyedia makanan harus menjamin nilai kesehatan produknya. Karena pangan yang sehat itu yang dapat menjamin masyarakat dapat terbebas dari berbagai penyakit," katanya.

Selain itu, pangan yang sehat, lanjutnya dapat memberikan dampak yang baik dalam upaya pencegahan stunting. Selain itu menjadi salah satu penyumbang Angka Harapan Hidup (AHH) di Kota Depok yang saat ini mencapai 74 tahun.

"Termasuk angka kemiskinan, sehingga makanan yang dikonsumsi harus terjamin keamanan dan tentu mengandung bahan baku yang halal," ujarnya.

Baca juga: Kadin Depok sosialisasi sertifikasi halal bagi pelaku usaha jamin kualitas produk pangan

Menurut Imam dalam menciptakan pangan yang halal tentunya harus memperhatikan proses penyembelihannya khusus untuk daging hewan. Kemudian, untuk cara mengolahnya dan proses pengemasannya menggunakan bahan baku yang halal.

"Sehingga masyarakat dapat merasa aman dan terjamin keabsahannya jika para penyedia makanan ini memperhatikan keamanan pangan," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024