Gerakan Masyarakat Jaga Suara Kita (GEMA JASKITA) sebagai wadah masyarakat sipil untuk berkontribusi melaporkan kecurangan dan pelanggaran pemilu dengan pengawasan melalui platform atau aplikasi Jagasuaramu.

"Aplikasi Jagasuaramu sebagai wujud komitmen kami terhadap pemilu yang jurdil dan bersih. Pemilu adalah panggung utama bagi suara rakyat untuk menentukan arah masa depan negara," kata  Deklarator Jaskita Jayadin di Depok, Senin.

Pembentukan Jaskita tersebut turut dihadiri berbagai perwakilan lembaga seperti IKADI Kota Depok, Kesatuan Pelajar Muslim Depok, Salimah Kota Depok, Komunitas Healthy Fun Community, Komunitas Kreatif Pemaju Seni Budaya, Kelompok Inspirasi Ibu Sukses hingga Komunitas Guru Berkarakter.

"Kami mengajak seluruh masyarakat sipil untuk bersama mengawasi pelaksanaan pemilu agar hasil pemilu kredibel dan membawa kebaikan bagi bangsa," katanya.


Baca juga: Bawaslu Depok awasi 5.570 TPS pada Pemilu 2024

Jayadin mengatakan ada lima komitmen yang akan dijalankan yaitu pertama mendukung Pemilu yang Bersih dan Jurdil.

"Kami menuntut pemilu yang dilaksanakan dengan integritas, transparansi, dan keadilan sebagai prinsip utama, tanpa campur tangan atau intervensi dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan tertentu," ujarnya.

Kedua, menolak segala bentuk kecurangan dan manipulasi. Untuk itu kami menolak segala bentuk kecurangan, penipuan, atau manipulasi dalam proses pemilihan umum yang dapatmerugikan suara rakyat dan merusak integritas demokrasi.

Baca juga: Bawaslu Bogor awasi ketat Bacaleg dari keluarga penyelenggara negara

Ketiga menghormati suara rakyat. "Kami menghormati hak setiap warga Kota Depok untuk memberikan suara mereka secara bebas, tanpa tekanan atau intimidasi dari pihak manapun, serta menegakkan prinsip satu suara satu nilai," ujarnya.

Keempat, mendorong dan mengajak partisipasi aktif masyarakat: Kami mendorong dan mengajak semua warga Kota Depok untuk aktif berpartisipasi dalam gerakan masyarakat sipil.

Jika menemukan praktek-praktek yang menyimpang dalam pemilu ini, masyarakat dapat memfoto dan mengirimkan temuannya ke dalam aplikasi "jagasuaramu" untuk dilakukan investigasi lebih lanjut.

"Kami juga mendorong agar setiap permasalahan pemilu yang terjadi dapat segera diselesaikan," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Karawang awasi persyaratan bacaleg sebelum ditetapkan DCT

Kelima, menjunjung tinggi kedamaian dan keterbukaan. "Kami berkomitmen untuk
menjaga kedamaian dan keterbukaan selama periode pemilu, serta mendukung
proses demokratis yang melibatkan dialog terbuka dan saling menghormati di antara semua pemangku kepentingan," ujarnya.

Untuk itu, kami mengajak seluruh warga Kota Depok untuk bersama-sama menjaga integritas dan kejujuran dalam proses pemilihan umum sebagai landasan utama bagi pembangunan demokrasi yang berkelanjutan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024