PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bekasi, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan inspeksi lapangan ke seluruh lokasi pekerjaan dalam rangka mewujudkan nir insiden kecelakaan kerja pada momentum Bulan K3 Nasional.

"Inspeksi serentak dilakukan seluruh manajemen PLN UP3 Bekasi ke semua lokasi pekerjaan yang terjadwal hari ini sebagai upaya mewujudkan zero accident," kata Manajer PLN UP3 Bekasi Redi Zusanto di Bekasi, Senin.

Dia mengatakan peninjauan lapangan ini dalam rangka menindaklanjuti kegiatan apel serentak peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara nasional di seluruh Indonesia pada akhir pekan lalu.

Baca juga: PLN Bekasi lakukan edukasi ketenagalistrikan peringati Bulan K3 Nasional

"Kami bersama seluruh PLN se-Jawa, Madura, dan Bali turut melaksanakan apel Bulan K3 sekaligus Inspection Day secara serentak hari ini," katanya.

Kegiatan inspeksi lapangan ini dimulai dengan pengecekan kesiapan terhadap seluruh personel terdiri atas Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), Petugas Pelayanan Teknik (Yantek), dan seluruh vendor Kesepakatan Harga Satuan (KHS).

"Pengecekan personel secara peer to peer yang mana menitikberatkan agar seluruh personel saling mengingatkan dan mengawasi selama proses bekerja," katanya.

Pihaknya menyiapkan 300 personel gabungan dari tim PDKB, Yantek, tim penyambungan, serta tim Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) dalam kegiatan inspeksi lapangan.

Baca juga: PLN Bekasi bagikan kiat aman gunakan listrik saat musim hujan

Redi berharap peringatan Bulan K3 Nasional 2024 ini menjadi momentum untuk senantiasa menjaga situasi kinerja tetap aman tanpa ada insiden kecelakaan kerja.

"Saya mengimbau karyawan, pelaksana teknis, dan masyarakat senantiasa sadar akan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam bekerja. Kepada pelanggan, jika butuh tenaga kelistrikan, silakan hubungi kami melalui PLN Mobile, jangan memperbaiki seorang diri, karena berbahaya," ucap dia.

General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia mengapresiasi kegiatan PLN UP3 Bekasi sebagai sarana edukasi internal secara menyeluruh dalam rangka meningkatkan kepedulian terkait keselamatan kerja.

Baca juga: PLN Bekasi operasikan penyulang baru tingkatkan keandalan listrik ke pelanggan

Susiana juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap potensi bahaya tenaga kelistrikan dan instalasi, terutama pada saat musim hujan dan banjir.

"Mengamankan alat listrik, tidak mendekati instalasi listrik PLN. Jika ada yang mencurigakan, segera laporkan ke kami," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024