Harga cabai merah di Pasar Merdeka Kota Bogor Jawa Barat masih tinggi yang saat ini di jual masih dengan harga Rp80 per kilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Merdeka, Mustofa di Kota Bogor, Jumat menjelaskan harga cabai merah masih tinggi karena memang dari pemasok belum ada penurunan harga.

Harga cabai merah saat ini mencapai Rp80.000 ribu per kg, sedangkan harga cabai rawit mulai turun menjadi Rp60.000 per kg.

"Ini sekilo Rp60 ribu, sekarang lagi turun, kemarin nyampe Rp100 ribu. Sekarang ini harga lagi naik,cabe merah jadi Rp80 ribu, harga normalnya paling Rp40-50 ribu lah," kata Mustofa.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), cabai merah menjadi pendorong inflasi bulanan (month to month/MoM) yang sebesar 0,41 persen pada Desember 2023.

Fluktuasi pada harga sembako lainnya juga sering terjadi, tak heran jika pembeli sudah terbiasa dengan hal tersebut.

Menurut Mustofa, kenaikan harga pada cabai merah tidak terlalu mempengaruhi pembeli yang sudah terbiasa berbelanja di tempatnya, karena cabai ini sudah menjadi kebutuhan jadi mau tidak mau mereka harus beli.

Salah seorang pembeli, Tuti mengatakan harga cabai rawit ini sudah agak turun, kemarin-kemarin harganya mahal sekali, sekarang agak mendingan tidak terlalu mahal. 

"Harga cabe rawit ini udah agak turun, kemarin kan pada mahal, udah agak mendingan lah sekarang mah, enggak begitu mahal, gitu," tuturnya.

Namun ia berharap agar harga cabai bisa lebih terjangkau lagi.

Pewarta: Clarinsa Hanin Hermawan

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024