Bogor (Antara Megapolitan) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memastikan kesiapan jalur yang akan dilalui oleh rombongan tamu negara Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Azizi Al-Saud menuju Istana Bogor, Rabu.

Bima beserta jajarannya melakukan patroli seputar sistem satu arah dimulai dari Balai Kota, menuju Gerbang Tol Bogor-Jagorawi menuju Tugu Kujang, lalu Jl Otista, dan Jl Juanda.

Patroli dilakukan sebanyak dua kali jelang kedatangan untuk memastikan jalur yang akan dilintasi steril dari pedagang kaki lima, parkir liar dan arus lalu lintas lancar.

Patroli pertama dilakukan pagi pukul 09.00 WIB, masih ditemukan beberapa PKL berjualan di pinggir jalan. Petugas Satpol PP langsung mengangkut lapak-lapak yang masih berada di trotoar.

Dalam patrolinya Bima juga menyempatkan menyapa dan menyalami pelajar yang sudah sejak pagi datang untuk menyambut kedatangan Raja Salman di sejumlah ruas jalan yang akan dilalui rombongan tamu negara.

Final patroli dilakukan dua jam sebelum jadwal kedatangan. Wali Kota Bogor bersama Kepala DLLAJ, Satpol PP berkeliling memastika jalur kembali steril. Suasana di pinggir jalan pusat kota tampak lebih ramai dari sebelumnya.

Ribuan pelajar bercampur dengan warga telah berdiri dipinggir jalan sepanjang jalur SSA (sekeliling Kebun Raya dan Istana Bogor), sambil melambaikan bendera kecil dan bersorak gembira.

"Kesiapan sudah 100 persen, jalur sudah siap untuk disterilkan, tidak ada PKL maupun parkir liar. Semua kita tertibkan, kondisi terakhir sudah bersih dan tertib," kata Bima.

Sementara itu, arus lalu lintas di seputar SSA atau Kebun Raya dan Istana Bogor masih padat. Menurut Bima, kondisi tersebut dikarenakan imbas dari adanya reng rengan patroli yang dilakukannya.

"Tapi jalur akan disterilkan beberapa menit sebelum kedatangan. Dan akan dibuka kembali setelah tamu masuk Istana Bogor," kata Bima.

Untuk menyambut kedatangan Raja Salman, Pemerintah Kota Bogor mengerahkan 50 ribu pelajar didampingi 10 ribu gurunya. Selain itu, Pemkot juga mengundang warga yang ingin datang melihat kedatangan Raja Salman untuk berkumpul di tengah kota, atau mendatangi Balai Kota Bogor.

"Balai Kota terbuka, silahkan warga yang ingin datang melihat kunjungan Raja Salman datang ke Balai Kota," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017