Departemen Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) dan Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaksanakan pengabdian masyarakat  penyuluhan dan pelatihan bagi pelaku perawatan paliatif.

UI juga meluncurkan"Buku Saku Pelaku Rawat untuk Perawatan Paliatif” yang berguna untuk membantu para pelaku rawat dalam memahami dan menghadapi tantangan saat merawat pasien paliatif.

Guru Besar Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi FKUI Prof Dr Widjajalaksmi Kusumaningsih di kampus UI Depok, Rabu, mengatakan seiring dengan berkembangnya Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, pihaknya menyadari pentingnya pendekatan yang holistik dan manusiawi terhadap pasien yang menghadapi kondisi penyakit yang sulit untuk disembuhkan.

Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan aplikasi "Carebuddy" untuk ringankan beban pendamping lansia

Oleh karena itu, buku saku ini tidak hanya bertujuan memberikan panduan perawatan semata, tetapi juga menjembatani hubungan emosional, spiritual, dan psikososial antara pasien, keluarga, pelaku rawat, dan tim medis.

Perawatan paliatif merupakan pendekatan menyeluruh yang ditujukan untuk mengoptimalkan kualitas hidup pasien penderita penyakit yang mengancam jiwa, penyakit kronis, atau penyakit terminal, seperti kanker, stroke, HIV/AIDS, serta kelainan bawaan sejak lahir.

FKUI dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta aktif melakukan pembekalan dan edukasi tentang pelayanan rehabilitasi perawatan paliatif berbasis masyarakat kepada kader dan tenaga kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: FKUI temukan teknik modifikasi seleksi sperma tingkatka keberhasilan kehamilan

 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024