Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan meraih penghargaan pembina wajib pajak pribadi dan badan atau perusahaan teladan dalam ajang Anugerah Philothra 2023 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Penghargaan kemarin merupakan upah dari upaya kita selama ini mengajak segenap masyarakat untuk taat membayar pajak dan juga tanggung jawab karena sudah diberikan predikat pembina terbaik, artinya tahun depan harus lebih baik lagi," kata Dani Ramdan di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras segenap jajaran pemerintah daerah terkait dalam menyerukan taat membayar pajak kepada masyarakat secara tepat waktu.

"Penghargaan ini juga menjadi bentuk tanggung jawab sebagai pembina untuk memotivasi seluruh pihak dalam mencapai target pembayaran pajak," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi terima penghargaan kategori daerah peduli HAM

Dani juga menyampaikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menunjukkan kepatuhan dalam membayar pajak sehingga mampu menyumbang penghargaan bagi Kabupaten Bekasi.

Ia berharap penghargaan tersebut dapat memotivasi pelaku usaha lain untuk meningkatkan kesadaran membayar pajak.

Diketahui, terdapat dua perusahaan asal Kabupaten Bekasi yakni PT Pacific Motor dan PT Setia Guna Selaras yang juga berhasil meraih penghargaan serupa pada kategori wajib pajak badan atau perusahaan teladan pajak kendaraan bermotor.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada wajib pajak yang telah menunjukkan kepatuhannya sehingga membawa penghargaan bagi Kabupaten Bekasi. Ini adalah cara kita memotivasi masyarakat dalam membayar pajak," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi sabet penghargaan pada APE Kementerian PPPA

Dirinya menyatakan pada tahun 2024 mendatang, pemerintah daerah akan meningkatkan intensitas kegiatan sosialisasi terkait arti penting membayar pajak, termasuk manfaat membayar pajak bagi pembangunan.

Kemudian meningkatkan pelayanan pembayaran pajak. Dengan begitu, masyarakat tidak akan segan dan akan sepenuh hati membayar pajak karena pelayanan telah dipermudah serta mendapatkan edukasi yang baik.

"Tentu kita tingkatkan sosialisasi mengenai pentingnya membayar pajak, manfaat pajak, dan peningkatan pelayanan agar masyarakat lebih mudah membayar pajak, jadi mereka tidak segan dan bisa membayar pajak dengan sepenuh hati," katanya.

Baca juga: KPA Bekasi beri penghargaan pada edukator kesehatan seksual cegah HIV

Menurut dia kepatuhan masyarakat berikut dunia usaha dalam membayar pajak berdampak pada peningkatan sektor pembangunan daerah mengingat hasil pajak yang terkumpul menjadi sumber pendapatan daerah yang digunakan untuk membiayai berbagai program pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan program sosial lain.

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, baik pelaku usaha maupun masyarakat umum untuk lebih meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam membayar pajak. Karena pajak yang kita bayarkan akan dikembalikan kepada daerah untuk membiayai pembangunan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023