Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyabet penghargaan pada ajang Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian maupun lembaga serta pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan jender sekaligus pemberdayaan perempuan dalam bidang pembangunan.

"Sudah diumumkan untuk seluruh Indonesia, provinsi, kabupaten dan kota, termasuk kementerian. Dan Kabupaten Bekasi kembali mengulang sukses meraih penghargaan kategori pratama," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti di Cikarang, Selasa.

Baca juga: Kota Bekasi targetkan raih kembali predikat utama Anugerah Parahita Ekapraya

Dia menjelaskan pemberian Anugerah Parahita Ekapraya 2023 didasarkan atas hasil penilaian pengarusutamaan jender melalui evaluasi mandiri yang dilanjutkan proses verifikasi administrasi dan lapangan atau pengambilan sampel sebelum menuju verifikasi akhir.

"Memang kalau secara penilaian, semua harus terlibat, mulai dari proses ada tidak tentang responsif jender, dimulai dari RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) kita. Tadi juga sudah dibahas dengan Bappeda, Insya Allah tahun 2024 sudah mulai dimaksimalkan," katanya.

Menurut dia dalam mengimplementasikan pelaksanaan pengarusutamaan jender, dibutuhkan perencanaan dan penganggaran yang responsif terhadap jender sehingga dapat mempercepat pencapaian tujuan pemberdayaan perempuan sebagaimana yang diharapkan.

Selain itu butuh keterlibatan dari seluruh pihak untuk saling mendukung, tidak hanya peran dari satu perangkat daerah saja melainkan upaya kolaborasi dengan swasta maupun masyarakat untuk mendorong implementasi tersebut mulai dari level yang paling kecil.

Baca juga: Pemkot Bekasi intensifkan sosialisasi kesetaraan gender

"Jadi memang penilaian anugerah ini bukan berdiri sendiri tapi menyangkut semua. Semua harus terlibat, baik pemerintah daerah, swasta, maupun dari masyarakat itu sendiri, harus sama-sama saling support," katanya.

Sri Enny mengungkapkan berdasarkan surat yang ditandatangani Pelaksana tugas Sekretaris Kementerian PPPA Titi Eko Rahayu, disebutkan bahwa terdapat 12 kementerian atau lembaga, 25 provinsi, dan 237 kabupaten atau kota yang menerima penghargaan tersebut.

"Kabupaten Bekasi bersama 14 kabupaten dan kota lain di wilayah Provinsi Jawa Barat yang berhasil masuk dalam kategori penghargaan tersebut," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023