Nusa Tenggara Timur (NTT) tercatat sebagai salah satu provinsi yang berhasil meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk kategori Provinsi Sangat Inovatif.

"Harapan kami di Kemendagri, inovasi jangan hanya untuk mendapatkan award, tetapi inovasi untuk membuat suatu sistem yang baik, kalau sistemnya sudah baik, siapapun yang mengawakinya, sistem tersebut akan terus berjalan dan berkelanjutan," ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam keterangannya, Selasa.

"Tidak tergantung sosok atau figur kepala daerah, karena kesuksesan dalam sebuah inovasi adalah membangun sistem,” katanya.

Prosesi penyerahan penghargaan tersebut pun dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, serta Gubernur, Bupati dan Wali Kota penerima Penghargaan.

Seperti diketahui, Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan tahunan dari Kemendagri kepada Pemerintah Daerah atas semangat dan keberhasilannya melakukan inovasi di bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian Indeks Inovasi Daerah yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri.

Terdapat empat tahapan yang harus dilalui dalam penilaian tersebut, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, dan terkahir validasi lapangan.

Ayodhia G.L Kalake atau akrab disapa Odi Kalake itu merupakan putra daerah NTT, tepatnya keturunan Adonara, Flores Timur yang lahir dan besar di Bandung, Jawa Barat.

Ia sukses meraih gelar Sarjana di Universitas Padjajaran serta menempuh program Magister di Universidad De Complutense, Madrid, Spanyol.
Ayodhia Kalake tercatat pernah menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi. Karirnya juga mengantarkan ia menjadi Asisten Deputi Delimitasi dan Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kemenkomarves, lalu Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi di Kementerian yang sama.

Pada 25 Mei 2021, Odi Kalake dipercaya menjadi anggota Dewan Komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), menggantikan Letjen (Purn) Sumardi.

Sebelum dipercaya Presiden RI Jolo Widodo menjadi PJ Gubernur NTT, Odi Kalake merupakan ASN yang terbilang memiliki karir yang kian moncer saat dilantik oleh Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan menjadi Sekretaris di Kemenko-Marves.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023