Para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang turut membahas situasi di Gaza selama konferensi tingkat tinggi (KTT) yang dipimpin bersama oleh Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

"Kami juga membahas situasi di Gaza dan pentingnya mendorong gencatan senjata permanen," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama PM Kishida usai KTT ASEAN-Jepang di Tokyo yang dipantau secara daring pada Minggu.

Selama pertemuan puncak itu, kata Jokowi, para kepala negara/pemerintahan ASEAN dan Jepang mendorong pembukaan akses bantuan kemanusiaan seluas-luasnya bagi warga Gaza yang terdampak konflik Israel dan kelompok pejuang Hamas.

Baca juga: Biden desak Israel lebih berhati-hati untuk tidak serang warga sipil di Gaza

"Dan akses bantuan kemanusiaan seluas-luasnya serta segera dimulainya proses perdamaian," kata Jokowi.

Dia menjelaskan selama 50 tahun kemitraan, ASEAN dan Jepang telah saling berperan sebagai mitra yang menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

Jokowi menegaskan bahwa ASEAN dan Jepang terus berkomitmen menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan melalui kerja sama inklusif dan penghormatan terhadap aturan hukum internasional dan penguatan sentralitas ASEAN.

"Para pemimpin ASEAN juga menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh Jepang untuk implementasi dan pengutamaan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, serta menyambut baik KTT mekanisme trilateral antara Jepang, China, dan Korea Selatan sebagai wujud habit of dialogue,"  tutur dia.

Baca juga: WHO: Israel telanjangi, geledah dan tahan para petugas medis di Jalur Gaza

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023