Karawang (Antara Megapolitan) - Ratusan petani bersama TNI dari Kodim 0604 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan penanaman padi serentak untuk mendukung program percepatan tanam.

"Kegiatan yang digelar di Desa Jatilaksana, Kecamatan Pangkalan ini di antaranya bertujuan membantu swasembada pangan di Karawang," kata Dandim 0604 setempat Letkol Ayi Yosa Karyawinaya, di Karawang, Kamis.

Ia mengatakan, dalam kegiatan percepatan tanam di Desa Jatilaksana, pihaknya menargetkan sedikitnya benih padi yang telah semai dapat tertanam di atas lahan sawah seluas 75 hektare.

Selain membantu pemerintah dalam swasembada pangan, kegiatan percepatan tanam secara serempak ini juga bisa membantu para petani untuk mengurangi serangan hama.

Rencananya, program tanam serentak ini akan digelar di seluruh kecamatan sekitar Karawang dengan dibantu jajaran TNI dari setiap Koramil.

"Saya sudah perintahkan seluruh jajaran Koramil untuk turun membantu kegiatan tanam serentak dan percepatan tanam," kata dia.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Karawang, Wawan menyatakan saat ini pihaknya telah melakukan tanam serentak dan percepatan tanam di 50 ribu hektare areal persawahan.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017