Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyoroti adanya calon wakil presiden (cawapres) dari generasi milenial hingga kasus pendukung Prabowo Subianto yang tewas saat momen Pilpres 2019.

Terkait cawapres milenial, menurut Anies, masih ada ribuan generasi milenial lainnya yang peduli kepada bangsa dan warga termarjinalkan. Namun, kata dia, mereka justru menghadapi masalah.

"Kita saksikan hari ini ada satu orang milenial bisa menjadi calon wakil presiden," kata Anies saat menyampaikan visi dan misinya dalam debat pertama Pilpres 2024 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan banyak generasi milenial lainnya yang mencoba mengungkapkan pendapat dan menyampaikan kritik kepada pemerintah, tetapi dihadapkan dengan kekerasan, benturan, hingga gas air mata.

Baca juga: Ganjar: Pemerataan pembangunan nasional perlukan pemerintah bersih

"Apakah kondisi ini akan dibiarkan, tidak, kita harus lakukan perubahan," katanya.

Selain itu, Anies juga menyoroti adanya kasus yang menimpa seorang ibu rumah tangga bernama Mega Suryani Dewi, yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga meninggal dunia, tetapi belum mendapatkan keadilan.

"Mengalami kekerasan rumah tangga, lapor pada negara, tidak diperhatikan, diam-diam meninggal (sebagai) korban kekerasan," kata dia.

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023