Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menambah jumlah anggaran untuk perawatan dan pemeliharaan taman di 2017 dari Rp3,9 miliar menjadi Rp4,5 miliar.

"Tahun ini ada kenaikan perawatan dan pemeliharaan taman dari tahun sebelumnya. 2016 kita dapat Rp3,9 miliar, di 2017 naik menjadi Rp4,5 miliar," kata Kepala Bidang Pertamanan, PJU dan Dekorasi, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor, Yadi Cahyadi, di Bogor, Selasa.

Yadi mengatakan, tahun 2017 ada dua taman baru yang diresmikan yakni Taman Sempur merupakan revitalisasi dari Lapangan Sempur dan Taman Kaulinan yakni taman dirancang khusus untuk tempat bermain anak, dilengkapi 11 permainan anak baik tradisional maupun masa kini.

"Total saat ini ada 34 taman aktif yang dimiliki Kota Bogor, mulai yang besar dan kecil-kecil, termasuk jalur hijau. Untuk taman tematik jumlahnya sekitar 15 taman," katanya.

Menurut Yadi, seiring dengan bertambahnya jumlah taman di Kota Bogor, maka itu anggaran pemeliharaan juga ikut meningkat setiap tahunnya. Tahun 2015, Pemerintah Kota fokus menambah jumlah taman dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk membangun taman guna mewujudkan misi Bogor kota sejuta taman.

Tahun 2016, lanjutnya, prioritas di bidang pertamanan fokus untuk pemeliharaan dan perawatan, pemerintah mengurangi alokasi anggaran untuk membangun taman menjadi Rp4 miliar dan menaikkan jumlah anggaran untuk pemeliharan dari Rp1,3 miliar menjadi Rp3,9 miliar.

"Tahun 2016 hanya ada dua taman yang diresmikan Taman Corat-Coret, dan Taman Ekspresi. Demikian pula di tahun 2017, prioritas untuk memelihara dan merawat taman yang sudah terbangun agar tetap terjaga kerapian dan keindahannya," kata Yadi.

Yadi menambahkan, di tahun 2017 ini ada dua taman tematik yang akan dibangun yakni Taman Cinta yang menjadi perwujudan dari menangnya Kota Bogor dalam kampanye global "We Love Cities", dan Taman Lingkungan yang juga terletak di Kelurahan Tegal Gundil.

Taman seluas 300 meter dilengkapi dengan lintasan joging, tanaman dan lintasan terapi. Pembangunan taman tersebut menghabiskan anggaran Rp80 juta.

Pemeliharaan dan perawatan taman yang dimaksud adalah merawat tanaman meliputi penyiraman, pemupukan, dan penggantian tanaman yang rusak. Pemeliharaan meliputi infrastruktur, dan fasilitas di taman.

Menurut Yadi, anggaran pemeliharaan dan perawatan taman sebesar Rp4,5 miliar belum termasuk honorarium untuk petugas penjaga taman "Park Ranger` yang baru dibentuk berjumlah 50 orang.

"Untuk petugas Park Ranger anggaran tersendiri, kami anggarkan Rp200 juta per tahun," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017