Perhimpunan Advokat Indonesia (peradi) Kota Bogor, Jawa Barat ,dan insan pers setempat mengajak ketiga tim pemenangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) melaksanakan deklarasi pemilihan umum (Pemilu) 2024 damai.

Ketua DPC Peradi Kota Bogor Gunara mengatakan, kegiatan deklarasi damai Pilpres 2024 ini untuk memastikan penyelenggaraan Pilpres 2024 berjalan aman, dan kondusif, setelah tiga pasangan capres dan cawapres kini telah resmi diumumkan KPU RI, dan kini tengah bersaing meraih simpati masyarakat.

"Latar belakang acara ini diawali adanya pertemuan dengan teman-teman insan pers, maka kami berkolaborasi untuk menyelenggarakan pemilu damai," kata Gunara dalam deklarasi pemilu damai tersebut di Kota Bogor, Senin.

Adapun, kegiatan bertajuk ‘Pilpres Sehari Jangan Goyah Silaturahmi’ ini berlangsung di Teras Dara Café n Resto Kota Bogor.

Baca juga: Komitmen Panglima TNI-Kapolri amankan pemilu berjalan aman dan damai

Penandatanganan deklarasi damai dilakukan Ketua Peradi Gunara, insan pers Kota Bogor, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim, Ketua TKD Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Rusli Prihatevy, Ketua TKD Ganjar Pranowo - Mahfud Md Andry Amarald, Ketua TKD Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar Atang Tirnanto.

Gunara menjelaskan, kegiatan ini didasari pelaksanaan diskusi antara Peradi Kota Bogor dan Insan Pers yang memposisikan diri sebagai profesional dan netral, bersepakat menghendaki adanya pelaksanaan pemilu secara baik di tingkat Kota Bogor.

Menurut dia, mengapa hal ini sangat penting karena tak menutup kemungkinan eskalasi politik di Indonesia bisa berlangsung panas.

"Seperti saya mencontohkan Bogor ini dingin, tapi tetap angin dan petir ini selalu ada. Apabila ini tidak dicermati dengan baik maka hal ini bisa menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan," ucapnya.

Gunara menyampaikan, kegiatan ini menghadirkan perwakilan dari tiga tim pemenangan daerah masing-masing pasangan calon, serta para unsur pimpinan partai politik dan juga melibatkan seluruh pemangku kepentingan termasuk organisasi kepemudaan.

Ia berharap Forkominda Kota Bogor dapat menyatukan persepsi dalam penyelenggaraan Pemilu yang damai, jujur dan adil.

Baca juga: Kesbangpol Depok gaungkan pemilu damai

"Semoga kolaborasi antara Peradi Kota Bogor bersama insan pers ini memberikan contoh yang terbaik buat bangsa dan negara, semoga di tempat lain bisa mengikuti acara seperti ini juga," katanya.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengapresiasi Deklarasi Damai Pilpres 2024, yang diinisiasi Peradi Kota Bogor dan melibatkan insan pers.

Dedie menilai Deklarasi Damai Pilpres 2024 merupakan komitmen dari seluruh bangsa Indonesia, yang menginginkan bahwa Pemilu ini jangan dijadikan sebagai ajang untuk pemecah belah bangsa.

"Ini menjadi momentum untuk Kota Bogor tetap kondusif, tetap aman, tetap membawa perubahan dalam kondisi landai, yang gembira," ucapnya.

Baca juga: Personel bhabinkamtibmas dikerahkan sebar brosur seruan pemilu damai

Sekretaris PWI Kota Bogor Herman Indra Budi mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diinisiasi oleh DPC Peradi Kota Bogor dan melibatkan insan pers.

"Ini luar biasa, dan inilah salah satu bukti pers Kota Bogor peduli terhadap kondusifitas di Kota Bogor," katanya.

Herman Indra Budi menerangkan jika Kota Bogor memiliki keberagaman agama, yang selama ini diapresiasi oleh seluruh dunia karena kota yang toleransi.

"Hari ini menjadi awal untuk Kota Bogor menjalankan proses pemilihan capres dan cawapres, pemilihan ditingkat Kota Bogor bisa berjalan damai," ujarnya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023