Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mengajak masyarakat untuk menanam pohon memasuki musim penghujan yang ekstrem tahun ini agar menghasilkan kualitas udara yang sehat di saat musim kemarau serta dapat mencegah longsor di tebing-tebing yang rawan.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mengadakan penanaman pohon serentak pada Rabu (29/11) pagi untuk mengembalikan kualitas udara di wilayah-wilayah perkotaan.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim di Kota Bogor, Jumat, mengatakan penanaman pohon dapat menjadi penyeimbang dari perubahan polutan di kota tersebut, seiring perkembangan zaman yang cukup meningkat dengan tingkat kondisi udara tidak baik.

"Selama kita belum bisa mengkonversikan batu bara, satu-satunya cara kita adalah menanam pohon. Ini menandakan kita harus terus meningkatkan kepedulian supaya alam dan lingkungan kita tetap lestari, lebih nyaman untuk generasi muda kita ke depan,"

Baca juga: Dedie Rachim ajak warga mau tanam pohon kurangi dampak pemanasan global

Di Kota Bogor, kata Dedie, simbolis penanaman pohon telah dilaksanakan pada Rabu (29/11) bersamaan dengan penanaman pohon oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta yang juga disiarkan secara virtual ke daerah-daerah.

Berlokasi di Alun-alun Kota Bogor, penanaman dipimpin langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Abdul Rachim, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, Hanif Faisol dan diikuti unsur muspida serta kepala OPD.

"Bogor ini kadang-kadang menghadapi situasi yang unik, terutama iklim. Kadang-kadang landai, tapi tiba-tiba curah hujan di atas 130 milimeter per hari. Jadi penting kita antisipasi dengan kegiatan ini," katanya.

Baca juga: "Bakti BUMN" tanam 1.066 bibit pohon di zona merah bencana Bogor

Dedie Rachim mengajak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk tidak putus menanam pohon di Kota Bogor. Ia mengakui bahwa di Kota Bogor masih banyak wilayah pemukiman yang berdekatan dengan tebingan tinggi.

"Jadi paling tidak ada beberapa bagian yang kosong dan kemudian bisa dibantu KLHK untuk pohonnya. Pemerintah Kota Bogor siap untuk melaksanakan penanaman pohon lebih masif lagi," katanya.

Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, Hanif Faisol mengatakan bahwa kementerian siap untuk memfasilitasi segala upaya Kota Bogor untuk pencegahan bencana dan pengendalian iklim.

Baca juga: Pemkot Bogor tanam pohon dan sebar benih ikan bangkitkan pelestarian lingkungan

"Kita harus teruskan ini. Kita tempatkan Kota Bogor sebagai kontributor untuk penanganan climate (iklim) ini dan pemanasan global juga dampaknya sudah kita rasakan bersama. Penanaman pohon ini juga merupakan komitmen kita terhadap dunia internasional," kata Hanif.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023