Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas mengadakan pertemuan dengan Menteri Transformasi Digital Jepang Taro Kono di Kantor Digital Agency di Tokyo, Jepang, Jumat, untuk mempelajari soal transformasi digital yang telah diterapkan di Negeri Sakura.

“Kami senang dapat berdiskusi dan mendapatkan wawasan khususnya terkait implementasi transformasi digital dan pelaksanaan program review. Sebagaimana diketahui bahwa Jepang memiliki banyak praktik baik yang dapat  dipelajari dan menjadi inspirasi bagi  Indonesia,” kata Azwar Anas dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Transformasi digital dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui integrasi dan keterpaduan layanan digital terus diakselerasi oleh pemerintah Indonesia demi mewujudkan pelayanan yang lebih cepat, mudah, murah, dan sederhana.

Untuk mempercepat terwujudnya SPBE tersebut, Kementerian PANRB mempelajari praktik baik penerapan digitalisasi di berbagai negara, salah satunya di Jepang.

Dalam kunjungannya Kementerian PAN RB mempelajari transformasi digital yang dijalankan oleh Digital Agency Jepang.

Digital Agency Jepang bertanggung jawab atas bidang digital dengan tujuan mempromosikan ICT dan DX (transformasi digital) pemerintah pusat dan daerah. Beberapa program yang dikelola oleh Badan Digital Jepang diantaranya Portal e-Gov dan My Number yang saat ini sudah memiliki Mynaportal untuk layanan administrasi online melalui smartphone.

Anas mengatakan transformasi digital bukan hanya aspek aplikasi dan teknologi semata, tetapi merupakan political will dan kolaborasi yang harus diwujudkan bersama untuk meningkatkan layanan publik, efisiensi birokrasi serta partisipasi masyarakat.

“Saya yakin pengalaman Jepang akan memberikan wawasan berharga bagi kita semua dalam mendorong transformasi digital di negara kita masing-masing, terutama untuk membentuk layanan digital pemerintah secara terpadu berorientasi kebutuhan masyarakat dan bagaimana strategi pemerintah Jepang dalam percepatan transformasi digital terpadu,” ujar Anas.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia saat ini sedang berupaya untuk melakukan percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional, serta menyiapkan regulasi penting untuk menjawab berbagai isu krusial dalam penerapan transformasi digital.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023