Protelindo berkolaborasi dengan Pemerintah daerah setempat untuk menjalankan Program Pengentasan Tumbuh Kembang Anak (Stunting) di area Jember, Lamongan dan Tuban – Jawa Timur.

"Sebagai perusahaan penyedia infrastuktur telekomunikasi terdepan di Indonesia, kami ingin mendukung program pemerintah dalam pengentasan kasus stunting di Indonesia. Program kami di Jember, Lamongan dan Tuban ini menjadi pilot project program sosial khususnya penanganan stunting di Indonesia," kata Indra Gunawan, Direktur Protelindo dalam keterangannya, Jumat.

Ia mengatakan ami memberikan 3000 Paket Makanan Tambahan (PMT) yang nantinya akan dibagikan kepada 1000 anak potensi stunting selama 3 bulan berturut turut. Selanjutnya program ini akan diduplikasi ke daerah dan kota lainnya di Indonesia.

Protelindo bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS), Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) serta Smartfren selaku rekan bisnis menjalankan Program Pengentasan Tumbuh Kembang (PTK) atau Stunting dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa Susu Formula, Abon dan Telur di area Jember, Lamongan dan Tuban, Jawa Timur.

Acara seremoni dibuka oleh Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman, bersama Sekretaris Daerah Hadi Sasmito di Desa Sumberpakem, Kabupaten Jember pada tanggal 29 September 2023.

Dalam acara yang bertemakan “Wes Wayahe Peduli Problem Tumbuh Kembang”, di Jember, Protelindo memberikan Paket Makanan Tambahan (PMT) untuk 521 anak selama 3 bulan.

Sebagai simbol kemitraan dan komitmen dalam Pengentasan Problem Tumbuh Kembang (PTK) atau Stunting, Protelindo juga memberikan jaket untuk para tenaga medis yang akan bertugas dilapangan serta 11 unit laptop yang akan digunakan oleh para tenaga medis dalam melakukan pencatatan dan monitoring program secara digital.

Kegiatan ini diikuti secara langsung di Kecamatan Sumberjambe, Desa Sumberpakem, beserta 11 desa lainnya secara online, yang berasal dari Kecamatan Jombang, Kecamatan Patrang, Kecamatan Wuluhan, Kecamatan Sukorambi, Kecamatan Silo, Kecamatan Sukowono, Kecamatan Mumbulsari dan Kecamatan Puger.

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU juga memberikan apresiasinya kepada Protelindo atas kontribusi yang aktif dalam pengentasan Problem Tumbuh Kembang (PTK) atau Stunting.

“Kami sangat berterima kasih kepada Protelindo yang telah memberikan 521 PMT untuk 3 bulan kepada warga kami, semoga program ini bermanfaat dalam mengurangi angka stunting secara signifikan, selain itu kami juga berterima kasih atas pemberian 11 laptop untuk puskesmas sebagai alat pemantau program pengentasan  Stunting/ PTK di kabupaten Jember," katanya.

Rangkaian acara kedua dilaksanakan di Kabupaten Lamongan, pada tanggal 18 September 2023 bertempat di kantor Kecamatan Ngimbang.

Kegiatan ini dihadiri oleh pemerintah daerah setempat seperti Ketua PKK, Camat, Kapolsek, Danramil dan perangkat desa lainnya. Dalam acara ini, Protelindo juga berkomitmen untuk memberikan 300 paket PMT selama 3 bulan dan edukasi program pencegahan dan pengentasan stunting kepada warga lokal.

Seperti di kota sebelumnya, Protelindo juga memberikan jaket dan laptop untuk para tenaga medis sebagai simbol kemitraan dan komitment dalam menjalankan program pengentasan Problem Tumbuh Kembang (PTK) atau Stunting anak di kabupaten Lamongan melalui pembuatan report secara digital.


Menutup rangkaian program tahap pertama di Jawa Timur, kegiatan ketiga diselenggarakan di Kantor Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, tanggal 19 September 2023.

Dalam acara seremoni ini, Protelindo kembali berkomitmen memberikan 179 paket PMT selama 3 bulan yang juga dilengkapi dengan edukasi program stunting kepada warga local.

Dalam acara ini juga dibagikan jaket dan laptop untuk para tenaga medis sebagai salah satu bentuk komitmen Protelindo dalam program pengentasan Problem Tumbuh Kembang (PTK) atau Stunting di Kabupaten Tuban.


PMT tahap ke 2, juga telah diberikan kepada masyarakat di Jember, Lamongan dan Tuban.  

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023