Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengajak masyarakat khususnya kalangan ibu-ibu untuk ikut bersama menjaga suasana yang kondusif dan tidak terjebak hoaks pada Pemilu 2024.

"Di tahun politik ini, semua unsur masyarakat harus sama-sama mendukung terwujudnya pemilu damai. Jadi mari kita sama-sama jaga suasana yang kondusif di lingkungan masing-masing," kata Kapolres di hadapan ratusan ibu majlis taklim di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan suasana yang kondusif di tengah tahun politik seperti sekarang ini, masyarakat harus lebih dewasa dan waspada dalam menanggapi isu-isu terkini, sehingga tidak menjadi korban hoaks.

Baca juga: Aturan pose foto aparatur negara jelang Pemilu 2024
Baca juga: Ini kiat kenali hoaks dan ujaran kebencian jelang Pemilu 2024

Dalam suasana pemilu, diperkirakan akan bertebaran hoaks yang dapat memecah belah kebersamaan di masyarakat. Jadi setiap kali mendapat informasi dari media sosial, sudah seharusnya untuk di cek dan ricek terlebih dahulu kebenarannya.

"Jadi jangan asal share info. Tapi harus disaring terlebih dahulu kebenarannya. Jangan sampai terjebak hoaks, apalagi sampai terprovokasi," katanya.

Menurut dia, pihak kepolisian khususnya Polres Karawang memiliki misi dan tujuan mewujudkan rasa aman dalam politik, aman dalam ekonomi dan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat).

Baca juga: Bawaslu Karawang awasi politik uang dan SARA dan hoaks saat masa kampanye

Di sektor ekonomi, dia berpesan agar masyarakat tidak terjerat pinjaman online (pinjol), dan hal lainnya yang dapat merugikan diri sendiri.

"Kami juga berpesan agar masyarakat ikut menjaga keamanan dengan mendukung kegiatan yang dapat menciptakan kamtibmas agar stabilitas kamtibmas dapat berjalan baik," katanya.

Kapolres mengatakan bahwa pihaknya akan terus menjalin silaturahmi dan komunikasi ke berbagai kalangan masyarakat, untuk sama-sama bersinergi mewujudkan suasana yang aman dan kondusif menjelang pemilu. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023