Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Jawa Barat, membina 80 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) swasta dan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas untuk meningkatkan kemampuan anggotanya.

"Pembinaan kepada LPK swasta dan BLK komunitas digelar dua kali dalam setahun. Pada akhir tahun ini mengevaluasi laporan kegiatan dan aktivitas masing-masing lembaga," kata Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja  Disnaker Kota Depok, Tri Astuti Yeniretnowati di Depok, Selasa.

Pada acara pembinaan kali ini ada dua narasumber yang dihadirkan, yaitu motivator untuk membangkitkan semangat dan menumbuhkan kolaborasi sesama LPK serta Lembaga Akreditasi LPK terkait peningkatan mutu LPK.

Baca juga: Disnaker Depok kedua kalinya di 2023 gelar bursa kerja diikuti 20 perusahaan
Baca juga: Pengangguran terbuka Depok turun menjadi 6,97 persen pada 2023

Ia berharap LPK semakin berkualitas baik  sehingga bisa berdampak nyata dan signifikan kepada pengembangan kompetensi pencari kerja di Depok.

Dikatakannya saat ini ada 71 LPK swasta dan 36 BLK komunitas di Kota Depok. Semuanya sudah bekerja sama dengan Disnaker Kota Depok dalam melakukan pelatihan untuk peningkatan kompetensi masyarakat.

Menurutnya peran LPK dan BLK sangat penting dalam peningkatan kompetensi serta daya saing sumber daya manusia.

Baca juga: Disnaker Depok gelar bursa kerja 30-31 Oktober 2023 turunkan angka pengangguran

"Tidak hanya Disnaker, tetapi kelurahan dan kecamatan yang menggelar pelatihan kerja juga bekerja sama dengan LPK yang sudah terdaftar dan terakreditasi," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023