Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Jabar, mulai menyiapkan antisipasi ancaman bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, banjir, dan pergerakan tanah menyusul sudah datangnya musim hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Karawang, Mahpudin, di Karawang, Jumat, mengatakan bahwa sesuai dengan prakiraan BMKG, saat ini wilayah Karawang akan sering dilanda hujan, meski katagorinya curah hujan sedang.

Namun curah hujan akan meningkat hingga Januari-Februari 2024. Atas hal tersebut, perlu dilakukan persiapan dalam upaya menghadapi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi pada musim hujan.

Baca juga: BPBD Karawang imbau masyarakat siap siaga bencana di musim hujan

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan.

Bentuk bencana hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, serta angin puting beliung.

Saat ini, kata Mahpudin, pihaknya sudah mulai melakukan rapat koordinasi untuk menghadapi potensi bencana itu. Di antaranya dengan menggelar rapat koordinasi yang melibatkan sejumlah dinas dan instansi terkait.

Baca juga: Pemkab Karawang lakukan pemangkasan pohon antisipasi pohon tumbang akibat cuaca ekstrem

"Jadi dari awal kita mengharapkan semua teman-teman dinas dan instansi terkait berdasarkan kewenangannya masing-masing, harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kebencanaan itu," kata Mahpudin.

Ia juga mengimbau agar seluruh elemen masyarakat melakukan antisipasi dalam menghadapi potensi-potensi kebencanaan.

Ketika masyarakat mengetahui hal-hal yang berpotensi menjadi bencana, kata dia, maka dapat segera melaporkan ke petugas atau aparat pemerintah setempat.

Baca juga: Pemkab Karawang aktifkan posko rawan bencana dan call center di tengah cuaca ekstrem

Dengan begitu, dari sedini mungkin semua pihak berupaya untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana.

"Penanganannya akan cepat jika kita bersama melakukan antisipasi sedini mungkin," kata dia. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023