Produk kerajinan lokal asli Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dipastikan terpajang di pusat perbelanjaan terbesar daerah itu yakni Aeon Mal Kota Deltamas melalui gerai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

"Bersaing dengan produk-produk yang ada di Aeon Mal merupakan sebuah kehormatan bagi kami, karena pasti kurasi sangat ketat. Namun produk kerajinan lokal asli Kabupaten Bekasi tentu mampu sejajar dan bisa menampilkan yang terbaik," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Kamis.

Pemerintah daerah telah memfasilitasi kegiatan penandatanganan pinjam pakai bangunan dan gerai milik Aeon Mal Deltamas untuk Dekranasda Kabupaten Bekasi bertepatan agenda Rakerda Dekranasda 2023 di Hotel Grand Zuri pada Rabu (22/11/2023).

Dani mengatakan komitmen swasta terhadap inovasi pengembangan kerajinan daerah sangat berperan penting dalam memajukan usaha ekonomi kreatif. Pengusaha sektor ritel umumnya memberikan ruang penjualan, bangunan sekretariat, hingga jaringan toko ritel dan pemasaran.

"Kemudian di luar itu juga ada bantuan teknis pelatihan, produksi, maupun pembinaan pemasaran. Sehingga ini akan mendongkrak peningkatan produk kerajinan lokal," katanya.

Ia meyakini industri kerajinan juga memiliki peran strategis seperti hal pelaku UMKM antara lain banyak aktivitas lapangan usaha yang tersedia untuk masyarakat, menambah lapangan kerja, serta pelestarian hasil budaya bangsa atau jati diri.

"Selain melalui gerai, galeri maupun pameran-pameran, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga memberikan kesempatan kepada para pelaku industri kerajinan ini untuk memperluas pasar lewat toko daring yang kita miliki yakni Bekasi Berani Beli atau Bebeli," ucap dia.

Ketua Dekranasda Kabupaten Bekasi Ria Sabaria mengatakan selain menyiapkan gerai Aeon Mal sambil menanti pusat perbelanjaan itu beroperasi tahun depan, pihaknya juga tengah menyiapkan dua gerai lain masing-masing di Museum Gedung Juang 45 serta area komersial rumah percontohan Deltamas.

Ria berharap keberadaan gerai ini dapat memotivasi seluruh penggiat maupun perajin lokal hingga mampu menciptakan inovasi-inovasi serta kolaborasi baru dalam rangka memajukan sektor ekonomi kreatif.

"Sudah ada tiga gerai yang saat ini sedang disiapkan. Semoga para penggiat dan perajin bisa lebih aktif berkontribusi memajukan kerajinan lokal asli Kabupaten Bekasi," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023