Forum Wartawan Lombok Tengah (FWLT) dan Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT), Nusa Tenggara Barat (NTB), berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) menggelar penanaman ribuan pohon di Desa Aik Bukak dan Aik Berik yang merupakan kawasan sumber mata air di daerah setempat.

Kegiatan ini mengusung tema “Bakti Wartawan 2023, Kolaborasi Untuk Lombok Tengah” diisi dengan berbagai kegiatan sosial, mulai dari penghijauan, pengobatan gratis, hingga santunan untuk anak yatim dan lansia.

Wakil Bupati Lombok Tengah,HM Nursiah, di Praya, Minggu, mengapresiasi inisiatif dan kolaborasi wartawan dalam kegiatan penghijauan untuk kelestarian lingkungan.

Baca juga: Forkopimda Sukabumi serentak tanam ribuan pohon cegah pemanasan global

“Kegiatan ini mencerminkan kepedulian wartawan tidak hanya terhadap dunia jurnalistik, tetapi juga kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Kebersamaan ini perlu kita apresiasi karena memiliki dampak positif yang besar,” katanya.

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Taman Wisata Air, Aiq Bukak, yang dihadiri Bupati Lombok Tengah, Direktur PDAM Lombok Tengah, serta masyarakat.

"Kegiatan seperti ini layak untuk terus diadakan, membuktikan bahwa wartawan tidak hanya pandai menulis tapi juga pandai bekerja. Wartawan Lombok Tengah memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan,” katanya.

Sementara itu Direktur PDAM Lombok Tengah Bambang Supratomo mengatakan pentingnya kegiatan penghijauan untuk menjaga ketersediaan air bersih.

Baca juga: Menteri BUMN memulai gerakan sosial "Gotong Royong Boyong Pohon" tekan polusi di Jakarta

"Tanaman yang ditanam oleh wartawan hari ini akan berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan sumber air di wilayah ini. Kerja sama ini sangat positif dalam mendukung upaya konservasi lingkungan,” katanya.

Pada Desa Aik Bukak dan Aik Berik tersebut dilakukan penanaman lebih dari 3000 bibit pohon untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan ekosistem alam di wilayah tersebut.

“Kami berharap melalui kegiatan bakti wartawan ini, dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Wartawan tidak hanya menjadi penulis berita, tapi juga agen perubahan yang peduli kondisi sosial dan terhadap keberlanjutan alam.” kata Ketua FWLT Lombok Tengah Muhammad Said.

Baca juga: Kapolri ajak delegasi AMMTC Tanam Pohon di Taman Nasional Komodo

Hal senada disampaikan Ketua PWLT Lombok Tengah Munakir yang menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah langkah nyata wartawan dalam mendukung pemda dalam upaya menyelesaikan persoalan mendasar yang dihadapi masyarakat saat ini.

"Kesehatan misalnya, adalah hak dasar setiap individu. Kami ingin memastikan bahwa masyarakat di Lombok Tengah memiliki akses yang mudah dan gratis terhadap layanan kesehatan. Ini adalah bentuk kepedulian wartawan terhadap masyarakat," katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023