Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota dan Kabupaten Sukabumi secara serentak melakukan penanaman pohon yang merupakan program bentuk sinergi antara Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dengan Polri.

Penanaman pohon yang dilakukan jajaran Polres Sukabumi bersama unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi dipusatkan di Sirkuit Manangel, Kampung Cikeong, Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu. Sementara Polres Sukabumi Kota bersama Forkopimda Kota Sukabumi melakukan penanaman pohon yang dipusatkan di Kampung Cisero Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca juga: Forkopimda Kabupaten dan Kota Sukabumi bersama Polri gelar aksi tanam pohon serentak
Baca juga: Kostrad dan PKT tanam 63.672 pohon untuk kesejahteraan rakyat

"Penanaman pohon ini merupakan sinergitas antara Kementerian PMK dan Polri melalui program penanaman 10 juta pohon yang secara serentak dilaksanakan se-Indonesia," kata Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Maryono Edi Suseno di Sukabumi pada Rabu, (15/11).

Adapun jumlah pohon yang ditanam sebanyak 2 ribu batang dengan rincian di Sirkuit Manangel ditanam 500 pohon, kemudian yang 1.500 pohon di wilayah polsek jajaran. Tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi terjadinya pemanasan global. Dipilihnya penanaman ini di sekitar pegunungan untuk mengurangi kerusakan hutan.

Baca juga: TNI AL tanam ribuan pohon mangrove di Geopark Ciletuh untuk jaga ekosistem laut

Sementara, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan ada 500 pohon yang ditanam pada kegiatan ini mulai dari tanaman penyangga hingga buah seperti mahoni, jati, sengon, jengkol dan alpukat.

Penanaman pohon yang diselenggarakannya tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap kegiatan penanaman pohon yang diselenggarakan secara serentak oleh Polri di Indonesia.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023