Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Pondok Rajeg, Cibinong, Kamis, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menyebutkan, ziarah tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur di hadapan.

“Ini untuk menghormati dan mengenang para pahlawan yang telah gugur sebelum kita, berjuang untuk negara dengan mengorbankan tenaga, nyawa, darah, dan air mata,” kata Burhan.

Ia mengatakan, perjuangan para pahlawan perlu dilanjutkan oleh generasi penerus bangsa dengan berbagai cara, salah satunya melalui kinerja yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Bogor.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa dapat menjaga dan menjaga kemerdekaan republik ini, selayaknya para pahlawan yang berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa,” ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengajak masyarakat meneladani sosok pahlawan bangsa dalam rangka peringatan Hari Pahlawan.

“Pahlawanku adalah teladanku, yang mana tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini sangat relevan dengan kebutuhan kita. Sebagai bangsa yang besar dan mempunyai ambisi yang besar, kita membutuhkan sosok ideal yang bisa kita teladani,” kata Rudy.

Keteladanan, kata Rudy, bisa kita temukan pada para pahlawan bangsa. Mereka mewujudkan pemikiran, sikap, dan tindakannya untuk membela kepentingan orang banyak, serta membela harkat dan martabat bangsa dan negara.

“Bahkan ide-ide serta gagasan-gagasan yang mereka kemukakan semasa hidup masih sangat relevan hingga saat ini. Tugas kita adalah mengkontekstualisasikan ide-ide tersebut agar sesuai dengan situasi saat ini dan dalam situasi yang sangat dinamis,” ujarnya.*

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023