Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rudy Susmanto menyatakan hampir seluruh elemen masyarakat di daerahnya mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk kemerdekaan negara mereka.

"Semua elemen kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Bogor mendukung perjuangan saudara kita di Palestina yang hingga saat ini menghadapi agresi militer zionis Israel," kata Rudy di Cibinong, Bogor, Rabu.

Ia bersama anggota dewan lain bahkan mengenakan aksesoris bernuansa Palestina dan memasangi bendera Palestina di meja-meja dan beberapa sudut ruang paripurna DPRD saat rapat paripurna pada Selasa (7/11) malam.

Rudy mengatakan, dukungan bangsa Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina bukan sekedar karena sentimen keagamaan. Indonesia yang menolak segala bentuk penjajahan di muka bumi, kata Rudy, juga punya historis panjang dengan Palestina.

"Palestina menjadi negara pertama yang mendukung kemerdekaan Indonesia, bahkan sebelum Indonesia memproklamirkan kemerdekaan," kata dia.

Pernyataan Rudy merujuk Sejarah pada 6 September 1944, Mufti Besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al Husaini, mengucapkan selamat kepada Indonesia melalui Radio Berlin.

Pengakuan itu menjadi salah satu bentuk dukungan untuk Indonesia, yang saat itu belum memproklamasikan kemerdekaannya.

Padahal, waktu itu Palestina masih menghadapi imperialis Inggris. Meski begitu, Al Husaini tetap menyebarluaskan dukungan Palestina kepada Indonesia.

Tak hanya itu, Palestina juga ikut melobi sejumlah negara-negara di Timur Tengah untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. Alhasil, pada 22 Maret 1946, Mesir memberikan pengakuan kemerdekaan Indonesia dan disusul negara-negara lainnya.

"Jadi melalui forum resmi ini, melalui rapat paripurna kali ini, Kami menegaskan Kabupaten Bogor mendukung Palestina, Indonesia mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka," ujar Rudy.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023