Wali Kota Depok Mohammad Idris menekankan salah satu esensi yang perlu disampaikan menjelang pemilu adalah pendidikan politik.

"Tujuannya agar jumlah pemilih pemula yang signifikan tersebut dapat tergerak untuk memberikan hak pilihnya saat Pemilu 2024," kata Mohammad Idris di Depok, Selasa.

Pemilih pemula di Kota Depok, pada Pemilu 2024 berada di kisaran 36 persen.

“Pemilih pemula ini mendominasi, memposisikan cukup tinggi di DPT (daftar pemilih tetap) Kota Depok, jumlah mereka 36 persen,” katanya.

Baca juga: ICMI siap dorong pendidikan politik di Indonesia

Idria mencontohkan 60 persen tidak mau ikut pemilu memboikot, kan ini bahaya untuk partisipasi.

Karena itu, ia menilai pentingnya memberikan sosialisasi pendidikan politik kepada para pemilih pemula agar mereka bisa berperan aktif dalam proses demokrasi.

“Wawasan mereka juga kan barang kali dengan medsos dan yang lainnya, mereka ada yg antipati dengan politik, ah males itu mah urusan orang dewasa, bapak-bapak, kakek-kakak, nenek-nenek, kita milenial misalnya, ini yang harus disadarkan,” jelasnya.

Baca juga: Relawan KITA nilai pertemuan Anies-Gibran cermin pendidikan politik yang sejuk

Dia berpesan kepada anak muda atau generasi milenial agar lebih melek politik, sehingga menjadi pemilih cerdas melalui proses pemilihan dengan benar serta menggunakan hak pilihnya dengan baik.

“Jadi ikut pemilihannya agar bisa memilih dengan cerdas, jangan golput, jangan money politic, ini yang harus ditekankan,” tutur Idris.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mengungkapkan, sosialisasi pendidikan politik sudah terlaksana di enam sekolah dari total 10 sekolah yang direncanakan.

Empat sisanya akan dilaksanakan pada bulan November ini.

Baca juga: Pendidikan politik perlu untuk cegah politik transaksional

"Setiap sosialisasi ada 100 orang peserta, jika ditotal ada 1.000 anak yang mendapatkan sosialisasi," paparnya.

Dia berharap, para siswa yang mengikuti kegiatan ini dapat mensosialisasikan kembali ke lingkungan terdekatnya, baik itu, teman, keluarga dan lingkungan lainnya.

Melalui sosialisasi ini pemilih pemula akan mendapatkan beberapa materi dari para narasumber. Seperti, tahapan pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok dan aturan dalam pelaksanaan pemilu oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023