Kepolisian Daerah Jawa Timur melatih 350 personel khusus untuk menjadi petugas pelayan atau steward yang akan ditempatkan di luar Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, saat perhelatan Piala Dunia U-17 mulai 10 November 2023.

"Personel yang akan ditugaskan sebagai steward juga diberikan pelatihan khusus," kata Kepala Biro Operasi Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Puji Santoso di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Ia mengatakan bahwa para personel yang ditempatkan sebagai steward diwajibkan mengikuti pelatihan sebelum Piala Dunia U-17 digelar sesuai permintaan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Tadi Pak Kabagbinops bersama Wakapolrestabes Surabaya sudah pimpin latihan di GBT bersama personel yang akan ditugaskan sebagai steward," ujar Puji.

Baca juga: Empat Timnas negara peserta Piala Dunia U17 mulai latihan di Bali
Baca juga: Pakar prediksi Piala Dunia U-17 akan dongkrak sektor pariwisata nasional

Polda Jatim juga telah menyiapkan personel gabungan dari Satuan Brimob, Reserse hingga Satuan Lalu Lintas sebagai steward pada gelaran Piala Dunia U -17 di Stadion GBT Surabaya.

"Semua ada 350 personel kita siapkan untuk ditugaskan sebagai steward dan sudah mengikuti pelatihan," katanya.

Personel yang ditugaskan sebagai steward nantinya akan ditempatkan di Zona 1 GBT saat pertandingan berlangsung untuk memberikan pelayanan dan pengamanan.

"Steward nantinya, selain melakukan tugas pengamanan, juga memberikan pertolongan medis kepada penonton yang sakit hingga evakuasi penonton dari dalam ke luar stadion jika situasi darurat," ucapnya.

Baca juga: Timnas Indonesia akan lakoni satu uji coba lagi jelang Piala Dunia U-17

Usai pelatihan, lanjut Kombes Puji, sebanyak 350 steward dari personel Polda Jatim ini akan diberi surat keterangan telah memiliki kemampuan sebagai steward untuk pertandingan sepak bola.

"Steward kita latih selama dua hari dengan pemateri dari panitia lokal PSSI dan Mabes Polri dengan pedoman Peraturan Polisi Nomor 10 Tahun 2022," ujarnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023