Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam Manderi mengatakan ikan barramundi menjadi salah satu produk unggulan yang akan ditampilkan pada acara Sail Teluk Cenderawasih (SCT) sehingga menjadi potensi perekonomian bagi masyarakat setempat.

“Beberapa poin penting pada kegiatan SCT yang menjadi perhatian kami pemerintah di Kepulauan Yapen yakni ikan barramundi, rumput laut dan kopi ambaidiru yang terus dikembangkan,” katanya di Jayapura, Kamis.

Menurut Welliam, pemerintah Provinsi Papua mendukung pengembangan ikan baramundi di Kabupaten Kepulauan Yapen dengan memberikan bantuan kepada kelompok usaha perikanan.

Baca juga: Petronela, mama Papua penyelamat bakau dan penggerak ekonomi Desa Enggros
Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno upayakan produk ekraf di Provinsi Papua naik kelas melalui "Beti Dewi"

“Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun pada kunjungannya Kamis 19 Oktober lalu berupa tiga motor tempel, saana produksi ikan atau saprodi, pengembangan rumput laut dan benih kultur jaringan rumput laut,” ujarnya.

Dia menjelaskan apalagi potensi kelautan tersebut masuk dalam prioritas kerjanya yakni pengembangan potensi daerah baik untuk ekonomi hijau maupun biru.

“Untuk itu hal pengembangan ekosistem laut ini menjadi tugas bersama agar semakin banyak lagi potensi-potensi lainnya yang bisa diangkat sehingga menjadi sumber pendapatan baru kedepannya,” katanya lagi.

Baca juga: Pers Perlu Dukung Pembangunan Ekonomi Papua

Menurut Welliam, sehingga hal ini menjadi harapan bersama untuk terus menjaga ekosistem laut dengan begitu potensi perikanan di Kepulauan Yapen bisa di eksport.

“Kami terus untuk memberikan pemahaman terhadap penguatan produk-produk unggulan khususnya pada ekonomi biru tersebut,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan pihaknya mengajak seluruh masyarakat setempat agar terus menjaga potensi hasil laut yang ada di Kepulauan Yapen.

Pewarta: Qadri Pratiwi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023